Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling (2 SKS) 3 KELAS A Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag, Selasa, 09.15 s.d 10.30

Publikasi Unusia

Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling (2 SKS) 3 KELAS A Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag, Selasa, 09.15 s.d 10.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Kode Matakuliah x3bkpi5
Nama Matakuliah Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag
Peserta Perkuliahan 2022.9.6.1.00306 - ABDURROHMAN,
2022.9.6.1.00309 - AMATULLAH AZIZAH,
2022.9.6.1.00310 - ANANDA VINCA INEZTYA,
2022.9.6.1.00311 - ANANDA YULIKA PUTRI,
2022.9.6.1.00312 - ANINDIA NABILLAH NURAFIFAH,
2022.9.6.1.00315 - AS SYIFA SIDIKAH THAYIBATUNISA,
2022.9.6.1.00317 - DERATIAN PRIMA AULIA PUTRI KUSHAYU,
2022.9.6.1.00320 - DEVIA ANANDA,
2022.9.6.1.00321 - DWI ERYANTO,
2022.9.6.1.00322 - EUIS SAPITRI,
2022.9.6.1.00326 - FARHAN FATHURRAHMAN,
2022.9.6.1.00328 - FAUZAH BAYU ADI NUGROHO,
2022.9.6.1.00332 - FITRI AMELIA,
2022.9.6.1.00334 - GANIS AINNUR RAHMAH,
2022.9.6.1.00335 - GHINA AYATILLAH SALSABILA,
2022.9.6.1.00336 - HANA NURZAKIYAH,
2022.9.6.1.00339 - HANNIYAH FATIN,
2022.9.6.1.00340 - IFFAH KARIMAH,
2022.9.6.1.00343 - IMROATUL AZIZAH,
2022.9.6.1.00346 - KHAMDIALLAH,
2022.9.6.1.00348 - KHOFIFAH AMALIATUL MAULA,
2022.9.6.1.00352 - MASRIYAH,
2022.9.6.1.00354 - MIRANA NOVIYANTI,
2022.9.6.1.00356 - MOHAMAD SOFYAN,
2022.9.6.1.00357 - MUHAMAD RISAL,
2022.9.6.1.00368 - PUTRA FIRMANSYAH,
2022.9.6.1.00373 - ROHIT,
2022.9.6.1.00374 - RUYATUN NASSIHIN,
2022.9.6.1.00377 - SALMAN ALFARIZI,
2022.9.6.1.00386 - WISRI,
2022.9.6.1.00388 - YOGI ABDUL AZIZ,
2022.9.6.1.00391 - ZULFA ALAWIYAH,
2022.9.6.1.00392 - ZULFI AMALUDDIN

2. Deskripsi Pembelajaran

Tafsir Hadis Konseling dapat dimaknai sebagai problematika yang terjadi dalam kehidupan masyarakat modern ditinjau dari pandangan tafsir konseling modern. Pembahasannya banyakterkaitdengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan, mengingat nilai-nilai pendidikan dalam al-Qur’an memiliki dimensi sangat luas dan seringkali mengalami pergeseran makna dan penafsirannya, atau masalah tersebut di zaman klasik belum muncul dan belum dibahas oleh para ulama terdahulu.Selain itu, banyakpertanyaan tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam yang muncul di zaman ini yang membutuhkan jawaban yang jelas berdasarkan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga perlu kajian mendalam terhadap beberapa topik masalah kontemporer dari sudut pandang tafsir, mencakup: Pembentukan pribadi muslim dari aspek akidah, Orientasi kebahagian dunia akhirat, Menciptakan kemandirian, Problem hidup adalah ujian dan cobaan. Hidup selamat berpedoman al-Qur’an. Berakhlak mulia. Hidup sesuai ukuran yang ditetapkan Allah. Satu kata dan hati dalam menggali kehidupan, Melihat kekurangan diri sendiri daripada orang lain. Mengutamakan hal-hal yang bermanfaat. Selalu ingin berbuat baik dan menolong orang lain. Kerja sama yang dilandasi iman. Beritikad baik dalam kesulitan. Mata kuliah ini didesain untuk mahasiswa jurusan BKPI yang akan menjadi sarjana Islam , agar kelak dapat memperlancar tugas dan profesinya sebagai konseling dan sarjana muslim di lingkungan pendidikan maupun di tengah masyarakat.

3. Capaian / Kompetensi

Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengontrol pengambilan kesimpulan konseling kontemporer terhadap permasalahan penafsiran konseling kontemporer dan bertanggungjawab baik secara kolaboratif dan kooperatiif terhadap penafsiran para mufassir

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-maidah: 2, QS. Al-Baqarah: 45
danHadis tolong menolong
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-Baqarah 2-3, Muhammad; 5, al-an’am ayat 90 dan hadis tentang 2 perkara yang ditinggalkan rasulullah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-Jatsiyah; 30, al-ahzab;21 dan hadis tentang anjuran menutup aib sesama Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-Baqarah;201, at-tin; 4 dan hadis tentang cara rasulullah menyelsaikan masalah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mampu menjelaskan tafsir QS.Al-a’raf; 56, ali Imran: 139 dah hadis tentang mengetahui kadar diri sendiri Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mampu menjelaskan tafsir ar-rum 30, yusuf 87 dan hadis tentang manusia yang bermanfaat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-mudatsir 1-7, QS. Al-Hijr 94 dan hadis tentag perintah shalat jumat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-kahfi 69, an-nahl 125 dan hadis tentang ajakan kepada kebaikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mampu menjelaskan tafsir Profil Konselor Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mampu menjelaskan tafsir QS. As-Sajadah 7-9 QS. Al-Baqoroh 155-157, ali imron 185 dan hadis tentang orang yang paling berat ujiannya Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-alaq 1-5, al-mujadalah 11 dan hadis tentang ilmu pengetahuan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mampu menyampaikan dan menjelaskan ayat/hadis tentang motivasi kepada masyarakat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mampu menyampaikan dan menjelaskan ayat/hadis tentang motivasi belajar Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Al Qur'an Terjemah dan Tafsir - Maulana Muhammad Ali; desainbuku.com; studiquran.com - Darul Kutubil Islamiyah-2017
  2. Bimbingan Dan Konseling (Bagi Guru Dan Calon Guru Mata Pelajaran) - Dr. H. Sutirna; S.Pd.; M.Pd.; Deepublish - Deepublish-2021
  3. Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah - Heru Sriyono - PT. RajaGrafindo Persada-2021
  4. Bimbingan dan Konseling - Zainal Aqib - Yrama Widya-2020






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3bkpi5-Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag, Hari: Selasa, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS