| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x3bkpi5 |
| Nama Matakuliah | Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag |
| Peserta Perkuliahan | 2022.9.6.1.00306 - ABDURROHMAN, 2022.9.6.1.00309 - AMATULLAH AZIZAH, 2022.9.6.1.00310 - ANANDA VINCA INEZTYA, 2022.9.6.1.00311 - ANANDA YULIKA PUTRI, 2022.9.6.1.00312 - ANINDIA NABILLAH NURAFIFAH, 2022.9.6.1.00315 - AS SYIFA SIDIKAH THAYIBATUNISA, 2022.9.6.1.00317 - DERATIAN PRIMA AULIA PUTRI KUSHAYU, 2022.9.6.1.00320 - DEVIA ANANDA, 2022.9.6.1.00321 - DWI ERYANTO, 2022.9.6.1.00322 - EUIS SAPITRI, 2022.9.6.1.00326 - FARHAN FATHURRAHMAN, 2022.9.6.1.00328 - FAUZAH BAYU ADI NUGROHO, 2022.9.6.1.00332 - FITRI AMELIA, 2022.9.6.1.00334 - GANIS AINNUR RAHMAH, 2022.9.6.1.00335 - GHINA AYATILLAH SALSABILA, 2022.9.6.1.00336 - HANA NURZAKIYAH, 2022.9.6.1.00339 - HANNIYAH FATIN, 2022.9.6.1.00340 - IFFAH KARIMAH, 2022.9.6.1.00343 - IMROATUL AZIZAH, 2022.9.6.1.00346 - KHAMDIALLAH, 2022.9.6.1.00348 - KHOFIFAH AMALIATUL MAULA, 2022.9.6.1.00352 - MASRIYAH, 2022.9.6.1.00354 - MIRANA NOVIYANTI, 2022.9.6.1.00356 - MOHAMAD SOFYAN, 2022.9.6.1.00357 - MUHAMAD RISAL, 2022.9.6.1.00368 - PUTRA FIRMANSYAH, 2022.9.6.1.00373 - ROHIT, 2022.9.6.1.00374 - RUYATUN NASSIHIN, 2022.9.6.1.00377 - SALMAN ALFARIZI, 2022.9.6.1.00386 - WISRI, 2022.9.6.1.00388 - YOGI ABDUL AZIZ, 2022.9.6.1.00391 - ZULFA ALAWIYAH, 2022.9.6.1.00392 - ZULFI AMALUDDIN |
Tafsir Hadis Konseling dapat dimaknai sebagai problematika yang terjadi dalam kehidupan masyarakat modern ditinjau dari pandangan tafsir konseling modern. Pembahasannya banyakterkaitdengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan, mengingat nilai-nilai pendidikan dalam al-Qur’an memiliki dimensi sangat luas dan seringkali mengalami pergeseran makna dan penafsirannya, atau masalah tersebut di zaman klasik belum muncul dan belum dibahas oleh para ulama terdahulu.Selain itu, banyakpertanyaan tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam yang muncul di zaman ini yang membutuhkan jawaban yang jelas berdasarkan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga perlu kajian mendalam terhadap beberapa topik masalah kontemporer dari sudut pandang tafsir, mencakup: Pembentukan pribadi muslim dari aspek akidah, Orientasi kebahagian dunia akhirat, Menciptakan kemandirian, Problem hidup adalah ujian dan cobaan. Hidup selamat berpedoman al-Qur’an. Berakhlak mulia. Hidup sesuai ukuran yang ditetapkan Allah. Satu kata dan hati dalam menggali kehidupan, Melihat kekurangan diri sendiri daripada orang lain. Mengutamakan hal-hal yang bermanfaat. Selalu ingin berbuat baik dan menolong orang lain. Kerja sama yang dilandasi iman. Beritikad baik dalam kesulitan. Mata kuliah ini didesain untuk mahasiswa jurusan BKPI yang akan menjadi sarjana Islam , agar kelak dapat memperlancar tugas dan profesinya sebagai konseling dan sarjana muslim di lingkungan pendidikan maupun di tengah masyarakat.
Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengontrol pengambilan kesimpulan konseling kontemporer terhadap permasalahan penafsiran konseling kontemporer dan bertanggungjawab baik secara kolaboratif dan kooperatiif terhadap penafsiran para mufassir
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-maidah: 2, QS. Al-Baqarah: 45 danHadis tolong menolong |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-Baqarah 2-3, Muhammad; 5, al-an’am ayat 90 dan hadis tentang 2 perkara yang ditinggalkan rasulullah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-Jatsiyah; 30, al-ahzab;21 dan hadis tentang anjuran menutup aib sesama | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :7 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-Baqarah;201, at-tin; 4 dan hadis tentang cara rasulullah menyelsaikan masalah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mampu menjelaskan tafsir QS.Al-a’raf; 56, ali Imran: 139 dah hadis tentang mengetahui kadar diri sendiri | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mampu menjelaskan tafsir ar-rum 30, yusuf 87 dan hadis tentang manusia yang bermanfaat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-mudatsir 1-7, QS. Al-Hijr 94 dan hadis tentag perintah shalat jumat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-kahfi 69, an-nahl 125 dan hadis tentang ajakan kepada kebaikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mampu menjelaskan tafsir Profil Konselor | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mampu menjelaskan tafsir QS. As-Sajadah 7-9 QS. Al-Baqoroh 155-157, ali imron 185 dan hadis tentang orang yang paling berat ujiannya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mampu menjelaskan tafsir QS. Al-alaq 1-5, al-mujadalah 11 dan hadis tentang ilmu pengetahuan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mampu menyampaikan dan menjelaskan ayat/hadis tentang motivasi kepada masyarakat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mampu menyampaikan dan menjelaskan ayat/hadis tentang motivasi belajar | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3bkpi5-Literatur Keagamaan dalam Konseling / Religious Literature in Counseling (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag, Hari: Selasa, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon