EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM/VCD DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK DI KELOMPOK B RA MIFTAHUL ULUM DANAWINANGUN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM/VCD DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK DI KELOMPOK B RA MIFTAHUL ULUM DANAWINANGUN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM/VCD DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK DI KELOMPOK B RA MIFTAHUL ULUM DANAWINANGUN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: SITI KHOTIJAH
Abstrak: ABSTRAK SITI KHOTIJAH. NIM. 2015.4.3.1.00424 “Efektivitas Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Film/VCD Dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak (di Kelompok B RA Miftahul Ulum Danawinangun Klangenan Kabupaten Cirebon)” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kecerdasan intrapersonal usia dini. Untuk mendongkrak kemampuan intrapersonal anak, guru perlu menciptakan suasana belajar yang lebih inovatif dan kreatif sehingga kecerdasan intrapersonal anak meningkat. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan menggunakan kegiatan bercerita menggunakan bantuan media film/VCD pada proses belajar mengajar. Secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Adakah perbedaan kecerdasan intrapersonal anak di Kelompok B RA Miftahul Ulum Danawinangun Klangenan Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD? Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen terhadap anak di Kelompok B RA Miftahul Ulum Danawinangun Klangenan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 25 anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes kecerdasan intrapersonal dan observasi anak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1) Kecerdasan intrapersonal anak Kelompok B RA Miftahul Ulum Danawinangun Klangenan Kabupaten Cirebon sebelum menerapkan metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai sebesar 7,44. Sedangkan berdasarkan hasil analisis skor ideal didapatkan persentase sebesar 60% pada kategori kecerdasan intrapersonal anak kurang tinggi. 2) Kecerdasan intrapersonal anak Kelompok B RA Miftahul Ulum Danawinangun Klangenan Kabupaten Cirebon sesudah menerapkan metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata nilai anak sebesar 17,3. Sedangkan berdasarkan hasil analisis skor ideal didapatkan bahwa 96% pada kategori kecerdasan intrapersonal anak tinggi. 3) Perbedaan kecerdasan intrapersonal anak di Kelompok B RA Miftahul Ulum Danawinangun Klangenan Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD dibuktikan dengan hasil bahwa dengan nilai thitung = 14,687. Nilai tersebut jika dibandingkan dengan ttabel pada db = 25-2 = 23 dengan signifikansi di angka 0,05 (5%), didapatkan ttabel sebesar 1,714. Berdasarkan ketentuan jika thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (14,687 > 1,714) yang artinya bahwa H0 (hipotesis nihil) ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari kecerdasan intrapersonal anak sebelum dan sesudah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media Film/VCD.
Deskripsi: Kata Kunci : Metode Bercerita, Kecerdasan Intrapersonal Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/318
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya