Efektivitas Bermain Dadu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada AUD di Kelompok A TK Negeri Satu Atap Dawuan Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Bermain Dadu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada AUD di Kelompok A TK Negeri Satu Atap Dawuan Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
DEWI APRILLIANY
|
Abstrak:
|
DEWI APRILLIANY NIM. 2015.4.3.1.00358 EFEKTIVITAS BERMAIN DADU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA AUD DI KELOMPOK A TK NEGERI SATU ATAP DAWUAN DESA DAWUAN KECAMATAN TENGAH TANI KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang efektivitas bermain Dadu Huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada AUD di kelompok A TK Negeri Satu Atap Dawuan Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon dengan jumlah responden 10 orang dengan rincian 4 anak laki laki dan 6 anak perempuan. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan, anak sulit untuk menyimak perkataan orang lain, Mengenal perbendaharaan kata, Mendengar dan membedakan bunyi – bunyian huruf vocal dan huruf konsonan, Mengenal huruf awalan dan akhiran, Memperkaya perbendaharaan kalimat sederhana. Hal ini diduga karena kurangnya media pembelajaran dalam mendukug proses belajar mengajar untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada AUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas bermain Dadu Huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada AUD di kelompok A TK Negeri Satu Atap Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one group pre – test and pos – test design dengan menggunakan observasi sebagai alat pengumpulan data tentang efektivitas bermain Dadu Huruf ( X ) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang kemampuan membaca permulaan pada AUD ( Y ). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana jika populasi kurang dari 30 anak. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data sebelum dan sesudah prlakuan dengan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan membaca permulaan. Kemudian tabulasi data penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pernyataan penelitian. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan membaca permulaan pada AUD sebelum dan sesudah perlakuan bermain Dadu huruf. Hal ini ditunjukkan t_(hitung ) 0,34 e 2,228 t_tabel dengan taraf signifikan 5% yang berarti pernyataan Ho ditolak, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Penerapan bermain Dadu Huruf diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi peserta didik di sekolah. Dengan bermain Dadu Huruf ini diharapkan akan mempermudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan bahan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat TK terutama dalam perkembangan bahasa. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
permainan Dadu Huruf, Membaca Permulaan, Efektivitas
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmiLa06i43%2FGB2U6i8pehhiCHKB0vLz07ZidTPj28tPd0sgi6Buotl86mGYyOLLpSu9F2OMPBmGz11ZLg13VlgJoUEQd69PahS7q%2B%2FSmJ6sVpxH04i9gLFGYL1SgwexZVWiDdu6WNurQc2AgIdoshLC6DKmf6WtK1c%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap