| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x5pgmi4 |
| Nama Matakuliah | Desain Perencanaan Pembelajaran MI/SD Merdeka Belajar / Elementary School Lesson Planning Design |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Ratna Purwati,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.3.9.1.00686 - ANJANI NURUL FAUZILLAH, 2021.3.9.1.00687 - ANNISA FITRIANI, 2021.3.9.1.00688 - ANNISA FAKHRIATUL ISLAMIYAH, 2021.3.9.1.00689 - AYU PURANTI, 2021.3.9.1.00690 - DHEA NURKHALIZAH JAHAROH, 2021.3.9.1.00691 - ERLINA OKTAFIYAH, 2021.3.9.1.00692 - FIDDINI ISLAMI, 2021.3.9.1.00693 - HILDA NUR AZZAHRA, 2021.3.9.1.00694 - HUSNUL KHOTIMAH, 2021.3.9.1.00695 - LAELA MAGFIROH, 2021.3.9.1.00696 - LITA NURAFIFAH, 2021.3.9.1.00697 - LOVI SUCIYATI, 2021.3.9.1.00698 - LU'LU MUJAYANAH, 2021.3.9.1.00699 - NOVA JUNAENI, 2021.3.9.1.00701 - QUROTUL AINI, 2021.3.9.1.00702 - RATIH WAHIDAH RAHMA PUTRI, 2021.3.9.1.00703 - ROIHATUL JANNAH, 2021.3.9.1.00704 - SALMA NAFISAH, 2021.3.9.1.00706 - SITI NABILA KHARISMA, 2021.3.9.1.00707 - TUTI FATIMATUL ZAHRO, 2021.3.9.1.00708 - WULAN NINDHI RELITZIA PUTRI, 23S1PGMI0047 - SHERINA EKA SUMANTRI |
Mata Kuliah perencanaan pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGMI, yang meliputi konsep
kurikulum, pengembangan silabus dan RPP, kata kerja operasional dalam merumuskan indicator dan tujuan
pembelajaran, strategi, model, metode, skenario, sumber, media, alat evaluasi dan pendekatan sampai pada simulasi
dalam pembelajaran
Setelah mengikuti perkuliahan belajar dan pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan dan
mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memahami konsep kurikulum, silabus pembelajaran dan
komponennya, kata kerja operasional dalam merumuskan tujuan pembelajaran, strategi, model, metode, skenario,
sumber, media, alat evaluasi dan pendekatan sampai pada simulasi dalam pembelajaran.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | URGENSI MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN | diskusi, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | mampu menjelaskan tentang perencanaan Pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | a. Konsep belajar/hakikat belajar b. Hakikat pembelajaran c. Konsep/hakikat perencanaan pembelajaran |
diskusi, presentasi, tanya jawab, penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Referensi utama 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara 3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mampu memahami Organisasi kompetensi, tujuan satuan pendidikan dan struktur kurikulum (kurikulum merdeka) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | • Regulasi Kurikulum merdeka • Karakteristik kurikulum merdeka • Profil pelajar pancasila • Landasan pengembangan kurikulum merdeka |
diskusi, presentasi, tanya jawab, penugasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon kurikulum sebagai pemulihan pembelajaran. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Kajian Akademik Kurikulum Merd... Audio Video | ||||||||
| 4 | Mampu memahami Organisasi kompetensi, tujuan satuan pendidikan dan struktur kurikulum (kurikulum merdeka) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | • Struktur kurikulum merdeka • Rancangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka |
Diskusi Tanya Jawab Penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara 3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Rancangan Kurikulum Merdeka Audio Video | ||||||||
| 5 | Mampu memahami Desain Kompetensi Pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 2. capaian Pembelajaran kurikulum merdeka |
Diskusi Tanya Jawab Penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara 3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu memahami Desain Tujuan Peembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Desain Tujuan Pembelajaran kurikulum 2013 2. Desain Tujuan Pembelajaran kurikulum merdeka |
diskusi penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara 3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Desain Tujuan Pembelajaran Audio Video | ||||||||
| 7 | Mampu memahami Desain materi ajar/ Pengembangan persiapan Bahan aja | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Analisis Buku Guru 2. Analisis Buku siswa 3. Analisis Materi mata pelejaran kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara 3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
|
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Desain Perencanaan Pembelajara... Audio Video | ||||||||
| 8 | mampu memahami Standar Proses Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DASAR | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | komponen-komponen perencanaan pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Pengembangan silabus dan komponen-komponennya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | pengembangan RPP dan komponen-komponennya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Pengembangan RPP di kelas rendah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :4 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | PENGEMBANGAN RPP KELAS RENDAH | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | PENGEMBANGAN RPP KELAS TINGGI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | menganalisis rpp implementasi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | RPP IKM RPP kurikulum |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Memahami komponen-komponen RPP | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Review materi dan penjelasan PAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | MENGERJAKAN PROYEK RPP DENGAN KOMPONEN LENGKAP | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pgmi4-Desain Perencanaan Pembelajaran MI/SD Merdeka Belajar / Elementary School Lesson Planning Design (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Ratna Purwati,M.Pd., Hari: Selasa, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon