Desain Perencanaan Pembelajaran MI/SD Merdeka Belajar / Elementary School Lesson Planning Design (2 SKS) 5 KELAS A Ratna Purwati,M.Pd., Selasa, 08.00 s.d 09.15

Publikasi Unusia

Desain Perencanaan Pembelajaran MI/SD Merdeka Belajar / Elementary School Lesson Planning Design (2 SKS) 5 KELAS A Ratna Purwati,M.Pd., Selasa, 08.00 s.d 09.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kode Matakuliah x5pgmi4
Nama Matakuliah Desain Perencanaan Pembelajaran MI/SD Merdeka Belajar / Elementary School Lesson Planning Design
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ratna Purwati,M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2021.3.9.1.00686 - ANJANI NURUL FAUZILLAH,
2021.3.9.1.00687 - ANNISA FITRIANI,
2021.3.9.1.00688 - ANNISA FAKHRIATUL ISLAMIYAH,
2021.3.9.1.00689 - AYU PURANTI,
2021.3.9.1.00690 - DHEA NURKHALIZAH JAHAROH,
2021.3.9.1.00691 - ERLINA OKTAFIYAH,
2021.3.9.1.00692 - FIDDINI ISLAMI,
2021.3.9.1.00693 - HILDA NUR AZZAHRA,
2021.3.9.1.00694 - HUSNUL KHOTIMAH,
2021.3.9.1.00695 - LAELA MAGFIROH,
2021.3.9.1.00696 - LITA NURAFIFAH,
2021.3.9.1.00697 - LOVI SUCIYATI,
2021.3.9.1.00698 - LU'LU MUJAYANAH,
2021.3.9.1.00699 - NOVA JUNAENI,
2021.3.9.1.00701 - QUROTUL AINI,
2021.3.9.1.00702 - RATIH WAHIDAH RAHMA PUTRI,
2021.3.9.1.00703 - ROIHATUL JANNAH,
2021.3.9.1.00704 - SALMA NAFISAH,
2021.3.9.1.00706 - SITI NABILA KHARISMA,
2021.3.9.1.00707 - TUTI FATIMATUL ZAHRO,
2021.3.9.1.00708 - WULAN NINDHI RELITZIA PUTRI,
23S1PGMI0047 - SHERINA EKA SUMANTRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata Kuliah perencanaan pembelajaran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGMI, yang meliputi konsep
kurikulum, pengembangan silabus dan RPP, kata kerja operasional dalam merumuskan indicator dan tujuan
pembelajaran, strategi, model, metode, skenario, sumber, media, alat evaluasi dan pendekatan sampai pada simulasi
dalam pembelajaran

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan belajar dan pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan dan
mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memahami konsep kurikulum, silabus pembelajaran dan
komponennya, kata kerja operasional dalam merumuskan tujuan pembelajaran, strategi, model, metode, skenario,
sumber, media, alat evaluasi dan pendekatan sampai pada simulasi dalam pembelajaran.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... URGENSI MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN diskusi, tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 mampu menjelaskan tentang perencanaan Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... a. Konsep belajar/hakikat belajar
b. Hakikat pembelajaran
c. Konsep/hakikat perencanaan pembelajaran
diskusi, presentasi, tanya jawab, penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Referensi utama
1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Mampu memahami Organisasi kompetensi, tujuan satuan pendidikan dan struktur kurikulum (kurikulum merdeka) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... • Regulasi Kurikulum merdeka
• Karakteristik kurikulum merdeka
• Profil pelajar pancasila
• Landasan pengembangan kurikulum merdeka
diskusi, presentasi, tanya jawab, penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
kurikulum sebagai pemulihan pembelajaran. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Republik Indonesia
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Republik Indonesia
Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Kajian Akademik Kurikulum Merd... Audio Video
4 Mampu memahami Organisasi kompetensi, tujuan satuan pendidikan dan struktur kurikulum (kurikulum merdeka) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... • Struktur kurikulum merdeka
• Rancangan Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Diskusi
Tanya Jawab
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Rancangan Kurikulum Merdeka Audio Video
5 Mampu memahami Desain Kompetensi Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. kompetensi inti dan kompetensi dasar pada kurikulum 2013
2. capaian Pembelajaran kurikulum merdeka
Diskusi
Tanya Jawab
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu memahami Desain Tujuan Peembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Desain Tujuan Pembelajaran kurikulum 2013
2. Desain Tujuan Pembelajaran kurikulum merdeka
diskusi
penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi Desain Tujuan Pembelajaran Audio Video
7 Mampu memahami Desain materi ajar/ Pengembangan persiapan Bahan aja Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Analisis Buku Guru
2. Analisis Buku siswa
3. Analisis Materi mata pelejaran kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
3. Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Desain Perencanaan Pembelajara... Audio Video
8 mampu memahami Standar Proses Pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DASAR Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 komponen-komponen perencanaan pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Pengembangan silabus dan komponen-komponennya Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 pengembangan RPP dan komponen-komponennya Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Pengembangan RPP di kelas rendah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :4 Tidak ada tugas Audio Video
15 PENGEMBANGAN RPP KELAS RENDAH Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 PENGEMBANGAN RPP KELAS TINGGI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
17 menganalisis rpp implementasi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... RPP IKM
RPP kurikulum
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
18 Memahami komponen-komponen RPP Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
19 Review materi dan penjelasan PAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... MENGERJAKAN PROYEK RPP DENGAN KOMPONEN LENGKAP Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pgmi4-Desain Perencanaan Pembelajaran MI/SD Merdeka Belajar / Elementary School Lesson Planning Design (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Ratna Purwati,M.Pd., Hari: Selasa, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS