| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai4 |
| Nama Matakuliah | Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs.SOMANTRI,M.Pd.I. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.02960 - ANIS SITI ANNISA, 2021.1.24.1.02961 - ANNAS, 2021.1.24.1.02973 - GINA FAUZIAH, 2021.1.24.1.02978 - HASAN NURDIN, 2021.1.24.1.02985 - JOLEHA, 2021.1.24.1.02987 - JUNDI ABDUL SYAHID, 2021.1.24.1.03007 - MUHAMMAD CHABIB, 2021.1.24.1.03015 - NENENG NUR ASIYAH, 2021.1.24.1.03020 - NUR AZIZAH, 2021.1.24.1.03031 - SILVIA JULIYANTI, 2021.1.24.1.03033 - SITI KHOERUN NISA, 2021.1.24.1.03039 - SUKANDAR, 2021.1.24.1.03050 - VILIA FITRIARTI, 2021.1.24.1.03054 - ZAIN ALIMUDIN, 2021.1.24.1.03076 - PARIS BERLIANI |
Mata kuliah ini membahas tentang telaah dan pengembangan kurikulum PAI di Pendidikan Menengah mencakup: pengertian, konsep kurikulum dalam pendidikan, peran dan fungsi kurikulum, proses tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI, pendekatan pokok materi kurikulum PAI, perubahan kurikulum PAI dari waktu ke waktu, aspek yang mempengaruhi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah, peran dan fungsi guru dalam tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI di Pendidikan Menengah, K.13 di Pendidikan Menengah, skill menyusun silabus dan RPP dan penilaian PAI di Pendidikan Menengah
Mampu memahami dan menerapkan nilai, norma, dan etika akademik, serta tugas-tugas
pokok profesi sebagai guru Pendidikann Agama Islam
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Mahasiswa mampu memahami dan menyepakai kontrak perkuliahan dengan metode dan materi perkulihan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum dalam pendidikan | Mahasiswa Mampu melakukan pegkajian kurikulum dalam pendidikan | KAJIAN KURIKULUM DALAM PAI | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mengkaji komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum (tujuan, sisi, aktifitas belajar dan evaluasi) | Mampu melakukan pengkajian komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum (tujuan, sisi, aktifitas belajar dan evaluasi) | Komponen-komponen lkurikulum | presentasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mengkaji KI, KD, Indikator kompetensi PAI | Mampu mengkaji KI, KD, Indikator kompetensi PAI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa menyusun RPS PAI dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | Mahasiswa menyusun RPS PAI dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Antara RPS dan RPP, apa yang h... Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mengkaji silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | Mampu mengkaji silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | CTL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. 2009. Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Jakarta : Kencana. Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara. Diambil dari https://www.silabus.web.id/teori-silabus-dan-rpp/ |
|
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa melakukan Kajian penilaian terhadap kurikulum Pendidikan Menengah | Mampu melakukan penilaian terhadap kurikulum Pendidikan Menengah | Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran | diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :36 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 2 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 2 | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 3 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 3 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 4 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 4 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 5 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 5 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 | Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Kajian dan pengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah | Mampu mengkaji dan mengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | UAS | Mahasiswa mampu melaksanakan tugas UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | UAS | Mahasiswa mampu mengerjakan tugas UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai4-Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Hari: Selasa, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon