Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS) 1 KELAS B Hj. Cory Vidiati, S.H., M.M., Senin, 17.30 s.d 18.35

Publikasi Unusia

Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS) 1 KELAS B Hj. Cory Vidiati, S.H., M.M., Senin, 17.30 s.d 18.35

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan Ekonomi Syari`ah
Kode Matakuliah xyeksy6
Nama Matakuliah Bahasa Indonesia / Bahasa
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Hj. Cory Vidiati, S.H., M.M.
Peserta Perkuliahan 23S1ES0004 - ARNELIA PUTRI PRATIWI,
23S1ES0006 - HAERUL IHSAN,
23S1ES0008 - DEDE IPAN RIZKI AGUNG,
23S1ES0009 - ANA SAHRONI,
23S1ES0010 - SITI AYU JULIYAH,
23S1ES0012 - ENRICO ADITYA SAPUTRA,
23S1ES0013 - DEDE SAEROJI,
23S1ES0019 - MUHTAR ULUM,
23S1ES0023 - HAMAM MISHBAKHUZZEIN,
23S1ES0027 - SUROJUDIN,
23S1ES0031 - AHMAD DENI MUZAKI,
23S1ES0032 - MU'MINAH,
23S1ES0044 - DEA SAFITRI,
23S1ES0054 - ELLY LESTARI,
23S1ES0063 - MUHAMAD KHILMI,
23S1ES0069 - MUKAROM,
23S1ES0075 - YUDI DWI ARIYANTO,
23S1ES0077 - ADO KUSDIANA PUTRA,
23S1ES0089 - DIVA NAZMI LAILA,
23S1ES0093 - SHERIN ANANDHITA,
23S1ES0095 - NUR WULAN RAMDHANIAH,
23S1ES0096 - FIRLA AZIZAH,
23S1ES0101 - MOH. RIDWAN MAULANA,
23S1ES0108 - DWI APRILIA,
23S1ES0115 - FARHAN RIZKY RAMADHAN,
23S1ES0117 - PUAD MAHPUDIN,
23S1ES0118 - APRIYANTO,
23S1ES0120 - SILVANI,
23S1ES0121 - DELLA WAHYUNINGSIH,
23S1ES0129 - MOHAMMAD DAFFA DHIYA ULHAQ,
23S1ES0132 - VIVI MEYLIANA,
23S1ES0136 - MOCHAMMAD YUDA ADIPRADANA,
23S1ES0144 - INTAN RATNASARI,
23S1ES0155 - MAULIDIYAH AL ADAWIYAH,
23S1ES0163 - NAZIBUL FAHMI,
23S1ES0167 - YOURMAN GAMAS MAHESAL,
23S1ES0171 - BADA RAPI,
23S1HPI0008 - MUHAMMAD NURJATI,
23S1KPI0017 - MUHAMMAD RISNA MUNANDAR,
23S1PAI0111 - RINI RIZKIYANA ULFA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah bahasa Indonesia termasuk salah satu mata kuliah wajib umum/nasional. Mahasiswa akan mendalami materi perkuliahan meliputi: (a) etika akademik; (b) teknik pereferensian; (c) sistematika KTI dan formulasi bahasa Indonesia yang digunakan dalam KTI dengan memperhatikan kaidah gramatika, PUEBI, dan KBBI; (d) penyusunan KTI secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar; (e) teknik presentasi efektif. Materi yang dipelajari bermanfaat dalam menyusun karya tulis ilmiah baik berupa tugas perkuliahan, laporan penelitian, maupun karya tulis ilmiah yang dikompetisikan.

3. Capaian / Kompetensi

Mampu menjelaskan dan menerapkan etika akademik dengan benar dalam menyusun KTI (Karya Tulis Ilmiah)
Mampu menemukan, menyimpan, dan mengolah referensi melalui aplikasi mendeley/Zotero untuk menghindari plagiasi;
Mampu menjelaskan dan/atau memberikan contoh sistematika, formulasi bahasa Indonesia yang digunakan dalam KTI dengan memperhatikan kaidah gramatika, PUEBI, dan KBBI;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian pendahuluan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian hasil dan pembahasan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian kesimpulan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
Mampu mempresentasikan hasiI penyusunan KTI secara lisan sesuai prinsip komunikasi efektif

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Perkenalan, Kontrak belajar, Pengantar pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perkenalan, Kontrak belajar, Pengantar pembelajaran Pemaparan, diskusi, kesepakatan Presentasi, tanyajawab, diskusi, kesepakatan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Perkenalan, Kontrak belajar, Pengantar pembelajaran 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Perkenalan, Kontrak belajar, Pengantar pembelajaran Dosen
Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mampu menjelaskan secara tepat konsep etika akademik dalam menyusun KTI - Kelompok 1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .konsep etika ilmiah, hak cipta, dan plagiarisme konsep etika ilmiah, hak cipta, dan plagiarisme presentasi, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal konsep etika ilmiah, hak cipta, dan plagiarisme 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan konsep etika ilmiah, hak cipta, dan plagiarisme Kelompok 1
Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi :2 Tugas kolaboratif kelompok 1, ... Audio Video :1
3 Mampu menjelaskan secara tepat konsep etika akademik dalam menyusun KTI -Kelompok 2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan jenis-jenis kutipan beserta contohnya untuk menghindari plagiarisme jenis-jenis kutipan beserta contohnya untuk menghindari plagiarisme; penggunaan paragraf dalam KTI presentasi, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal jenis-jenis kutipan beserta contohnya untuk menghindari plagiarisme 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan jenis-jenis kutipan beserta contohnya untuk menghindari plagiarisme Kelompok 2
Praktek
Catatan Ujian :1 Diskusi :6 Materi :2 Tugas kolaboratif kelompok 2, ... Audio Video :1
4 Mampu menemukan, menyimpan, dan mengelola referensi melalui aplikasi mendeley untuk menghindari plagiasi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ketepatan menelusuri referensi kredibel
1.2 ketepatan mengelola referensi dengan menggunakan aplikasi mendeley
Praktek mendeley Presentasi, pemaparan, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Ketepatan menelusuri referensi kredibel
1.2 ketepatan mengelola referensi dengan menggunakan aplikasi mendeley
2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Ketepatan menelusuri referensi kredibel
1.2 ketepatan mengelola referensi dengan menggunakan aplikasi mendeley
Kelompok 3
Praktek mendeley
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Kelompok 4 mengumpulkan materi... Audio Video
5 Mampu menemukan, menyimpan, dan mengelola referensi melalui aplikasi mendeley untuk menghindari plagiasi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ketepatan menelusuri referensi kredibel
1.2 ketepatan mengelola referensi dengan menggunakan aplikasi zotero
Kelompok 4
Praktek mendeley
Presentasi, pemaparan, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Ketepatan menelusuri referensi kredibel
1.2 ketepatan mengelola referensi dengan menggunakan aplikasi praktek
2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Ketepatan menelusuri referensi kredibel
1.2 ketepatan mengelola referensi dengan menggunakan aplikasi zotero
Quis
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mampu menjelaskan dan/atau memberikan contoh sistematika, formulasi bahasa Indonesia yang digunakan dalam artikel jurnal ilmiah dengan memperhatikan kaidah gramatika, PUEBI, dan KBBI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan contoh sistematika, formulasi bahasa Indonesia yang digunakan dalam artikel jurnal ilmiah dengan memperhatikan kaidah gramatika, PUEBI, dan KBBI Ketepatan mengidentifikasi sistematika KTI (artikel jurnal ilmiah, laporan kegiatan, proposal skripsi)
1.2 Ketepatan mengidentifikasi gaya penulisan KTI (artikel jurnal ilmiah, laporan kegiatan, proposal skripsi)
Presentasi, pemaparan, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal contoh sistematika, formulasi bahasa Indonesia yang digunakan dalam artikel jurnal ilmiah dengan memperhatikan kaidah gramatika, PUEBI, dan KBBI 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan 1 Ketepatan mengidentifikasi sistematika KTI (artikel jurnal ilmiah)
2 Ketepatan mengidentifikasi gaya penulisan KTI (artikel jurnal ilmiah)
Kelompok 5
Praktek mengikuti selingkung artikel jurnal ecopreuneur
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 7 : UTS Mahasiswa mampu mengerjakan UTS UTS Mengerjakan soal UTS Menjawab soal UTS 2 x 50 menit UTS UTS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian judul dan pendahuluan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun judul dan pendahuluan berisi latar belakang, tujuan, dan metode
2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
Menyusun karangan berupa judul, latar belakang, tujuan, tinjauan pustaka/studi literatur, dan metode Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi, Quis Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 1 Ketepatan menyusun judul dan pendahuluan berisi latar belakang, tujuan, dan metode
2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
2 x 50 menit Ketepatan Menyusun karangan berupa judul, latar belakang, tujuan, tinjauan pustaka/studi literatur, dan metode Kelompok 6
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian hasil dan pembahasan dengan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun hasil , 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
Rubrik penyusunan artikel jurnal ilmiah bagian hasil dan pembahasan Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi, Quis Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 1 Ketepatan menyusun hasil dan pembahasan 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kelompok 7
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian hasil dan pembahasan dengan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun pembahasan 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
Menyusun karangan bab hasil dan pembahasan Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi, Quis Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun pembahasan 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia ilmiah 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun pembahasan 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia ilmiah Kelompok 8
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian kesimpulan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun kesimpulan pada artikel jurnal,
2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
KTI kesimpulan pada artikel jurnal Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal kesimpulan pada artikel jurnal,
2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan kesimpulan pada artikel jurnal,
2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia
ilmiah
Kelompok 9
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian kesimpulan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan 1 Ketepatan menyusun kesimpulan pada KTI Skripsi, 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia ilmiah KTI kesimpulan pada Skripsi Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 1 Ketepatan menyusun kesimpulan pada KTI Skripsi, 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia ilmiah 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan1 Ketepatan menyusun kesimpulan pada KTI Skripsi, 2 Ketepatan menggunakan formulasi bahasa Indonesia sesuai prinsip bahasa Indonesia ilmiah Kelompok 10
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mampu mempresentasikan hasil penyusunan KTI melalui presentasi sesuai prinsip komunikasi efektif Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ketepatan dalam menjelaskan hasil penyusunan karya tulis ilmiah artikel jurnal sesuai kaidah gramatika, kohesi dan koherensi, sistematis, dan menarik.
2 Keefektifan komunikasi lisan
artikel jurnal Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal hasil penyusunan karya tulis ilmiah artikel jurnal sesuai kaidah gramatika, kohesi dan koherensi, sistematis, dan menarik. 2 Keefektifan komunikasi lisan 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskanhasil penyusunan karya tulis ilmiah artikel jurnal sesuai kaidah gramatika, kohesi dan koherensi, sistematis, dan menarik. 2 Keefektifan komunikasi lisan Kelompok 11
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mampu mempresentasikan hasil penyusunan KTI melalui presentasi sesuai prinsip komunikasi efektif Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan hasil penyusunan karya tulis ilmiah Skripsi sesuai kaidah gramatika, kohesi dan koherensi, sistematis, dan menarik. 2 Keefektifan komunikasi lisan Skripsi Presentasi, pemaparan dosen, tanya jawab, diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal hasil penyusunan karya tulis ilmiah Skripsi sesuai kaidah gramatika, kohesi dan koherensi, sistematis, dan menarik. 2 Keefektifan komunikasi lisan 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan hasil penyusunan karya tulis ilmiah Skripsi sesuai kaidah gramatika, kohesi dan koherensi, sistematis, dan menarik. 2 Keefektifan komunikasi lisan Kelompok 12
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 15 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya UAS
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi - I Putu Gede Sutrisna; S.Pd.; M.Pd.; - Penerbit Andi-2021
  2. BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI - Sukirman Nurdjan; S.S.; M.Pd. ; Firman; S.Pd.; M.Pd; Mirnawati; S.Pd.; M.Pd. - Penerbit Aksara TIMUR-2016
  3. Konsep Dasar Bahasa Indonesia - Yunus Abidin - Bumi Aksara-2019
  4. Kamus Bahasa Indonesia - Ernawati Waridah; S.S. - Bmedia-2017






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: xyeksy6-Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS), Semester: 1 KELAS B, Dosen : Hj. Cory Vidiati, S.H., M.M., Hari: Senin, 17.30 s.d 18.35, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Ekonomi Syari`ah

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS