| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x5piaud2 |
| Nama Matakuliah | Analisis Permasalahan dan Perkembangan AUD / Analysis of Issues and Developments in Early Childhood Education |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Neni Sumarni, M.MPd. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.4.9.1.01366 - AINUN NIKMAH, 2021.4.9.1.01367 - ATY RUSTIATY, 2021.4.9.1.01368 - AULIYATUN NISA, 2021.4.9.1.01369 - CHUSFATUN FAZRIYAH, 2021.4.9.1.01370 - HABIBAH SITI MASRUUROH, 2021.4.9.1.01371 - HAFSHAH, 2021.4.9.1.01373 - IDA ROYANI, 2021.4.9.1.01374 - JULAEHA, 2021.4.9.1.01375 - KARTINI, 2021.4.9.1.01376 - KHILYATUL AULIA, 2021.4.9.1.01377 - KHUSNUL KHOTIMAH, 2021.4.9.1.01379 - MU'ASOMAH, 2021.4.9.1.01380 - NAURA FISKA SOFYAN, 2021.4.9.1.01381 - NIHAYA PUTRI NUGRAHANI, 2021.4.9.1.01382 - NUHA, 2021.4.9.1.01383 - NUR KHOLIFAH, 2021.4.9.1.01384 - NURJANAH SEFITIANI JURCARNAIN, 2021.4.9.1.01385 - ROUDHOTUL JANNAH N. W., 2021.4.9.1.01386 - SALSABILA, 2021.4.9.1.01388 - SEVTI ZUHDIAH, 2021.4.9.1.01389 - SHEILA ARISKA, 2021.4.9.1.01390 - SRI DWI LUTHFIYATUN NISA, 2021.4.9.1.01391 - SRI FUJI WULANDARI, 2021.4.9.1.01392 - SYAFIQOH MA'RUFAH, 2021.4.9.1.01393 - TAQIATUL ALIYAH, 2021.4.9.1.01394 - TUTI SUGIHARTI, 2021.4.9.1.01395 - WULAN DARI |
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dasar permasalahan dalam penanganan permasalahan anak, teknik penanganan, konsep dasar komunikasi, dan teknik komunikasi yang efektif
Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep dasar permasalahan anak usia dini, prosedur dan reknik penanganan serta cara mengkomunikasikan kepada pihak terkait
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak Kuliah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Diskusi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 2 Tugas individu pertemuan ke 2 Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Resume Materi 4 Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tugas pertemuan ke 5 Audio Video | ||||||||
| 6 | Memahami dan memiliki wawasan diagnostik anak bermaslaah Memahami, Arti peran pendidik AUD dalam mengidentifikasi permasalahan pada anak mengerti tentang tindakan guru menghadapi anak yang bermasalah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang peran pendidik AUD dalam mengidentifikasi permaslahan pada anak | Arti peran pendidik | Curahan gagasan (brain stoarming, peta konsep, Dikskusi, jigsaw, tugas, soal analisis | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan arti peran pendidik AUD dalam mengidentifikasi permasalahan pada anak Ketepatan menyebutkan peran penting dalan mengidentifikasi permaslahan pada anak dan lain sebagainya | 1. Diane E. Papilia, et.al (2008). Human Development (PsikologiPerkembangan).Edisi IX Cetakan 1. Kencana. Jakarta. 2. Elizabeth B. Hurlock (1980), Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Memahami tentang kerangka penanganan permasalaha AUD. Memahami langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mengidentifikasi permasalahan anak. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kerangka penanganan permaslahan AUD, memahami langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mengidentifikasi permaslahan anak | Kerangka penanganan AUD | Curahan gagasan (brain stoarming, peta konsep, Dikskusi, jigsaw, tugas, soal analisis | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan penanganan permasalahan AUD, Ketepatan menyebutkan memahami langkah-langkah pengunpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mengidentifikasi permaslahan anak dan lain sebagainya | 1. Diane E. Papilia, et.al (2008). Human Development (PsikologiPerkembangan).Edisi IX Cetakan 1. Kencana. Jakarta. 2. Elizabeth B. Hurlock (1980), Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta. |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :1 Tugas Individu Mk7 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 8 | Memahami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Autis, dan Anak yang menolak pergi sekolah. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Anak yang ADHD | Pengertian, tujuan, dan manfaat penanganan permasalahan AUD. Alat pengumpulan data yang dipergunakan pendidik untuk identifikasi permaslahan anak. | Curahan gagasan (brain stoarming, peta konsep, Dikskusi, jigsaw, tugas, soal analisis | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan apa itu ADHD dan Autist Ketepatan menyebutkan tentang ADHD pada anak dan lain sebagainya | . Diane E. Papilia, et.al (2008). Human Development (PsikologiPerkembangan).Edisi IX Cetakan 1. Kencana. Jakarta. 2. Elizabeth B. Hurlock (1980), Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Erlangga |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tugas Individu Mk8 Audio :2 Video :2 | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud2-Analisis Permasalahan dan Perkembangan AUD / Analysis of Issues and Developments in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Neni Sumarni, M.MPd., Hari: Senin, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon