Analisis Permasalahan dan Perkembangan AUD / Analysis of Issues and Developments in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS A Neni Sumarni, M.MPd., Senin, 16.00 s.d 17.15

Publikasi Unusia

Analisis Permasalahan dan Perkembangan AUD / Analysis of Issues and Developments in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS A Neni Sumarni, M.MPd., Senin, 16.00 s.d 17.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x5piaud2
Nama Matakuliah Analisis Permasalahan dan Perkembangan AUD / Analysis of Issues and Developments in Early Childhood Education
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Neni Sumarni, M.MPd.
Peserta Perkuliahan 2021.4.9.1.01366 - AINUN NIKMAH,
2021.4.9.1.01367 - ATY RUSTIATY,
2021.4.9.1.01368 - AULIYATUN NISA,
2021.4.9.1.01369 - CHUSFATUN FAZRIYAH,
2021.4.9.1.01370 - HABIBAH SITI MASRUUROH,
2021.4.9.1.01371 - HAFSHAH,
2021.4.9.1.01373 - IDA ROYANI,
2021.4.9.1.01374 - JULAEHA,
2021.4.9.1.01375 - KARTINI,
2021.4.9.1.01376 - KHILYATUL AULIA,
2021.4.9.1.01377 - KHUSNUL KHOTIMAH,
2021.4.9.1.01379 - MU'ASOMAH,
2021.4.9.1.01380 - NAURA FISKA SOFYAN,
2021.4.9.1.01381 - NIHAYA PUTRI NUGRAHANI,
2021.4.9.1.01382 - NUHA,
2021.4.9.1.01383 - NUR KHOLIFAH,
2021.4.9.1.01384 - NURJANAH SEFITIANI JURCARNAIN,
2021.4.9.1.01385 - ROUDHOTUL JANNAH N. W.,
2021.4.9.1.01386 - SALSABILA,
2021.4.9.1.01388 - SEVTI ZUHDIAH,
2021.4.9.1.01389 - SHEILA ARISKA,
2021.4.9.1.01390 - SRI DWI LUTHFIYATUN NISA,
2021.4.9.1.01391 - SRI FUJI WULANDARI,
2021.4.9.1.01392 - SYAFIQOH MA'RUFAH,
2021.4.9.1.01393 - TAQIATUL ALIYAH,
2021.4.9.1.01394 - TUTI SUGIHARTI,
2021.4.9.1.01395 - WULAN DARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep dasar permasalahan dalam penanganan permasalahan anak, teknik penanganan, konsep dasar komunikasi, dan teknik komunikasi yang efektif

3. Capaian / Kompetensi

Selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep dasar permasalahan anak usia dini, prosedur dan reknik penanganan serta cara mengkomunikasikan kepada pihak terkait

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Kontrak Kuliah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Diskusi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 2 Tugas individu pertemuan ke 2 Audio Video
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Resume Materi 4 Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tugas pertemuan ke 5 Audio Video
6 Memahami dan memiliki wawasan diagnostik anak bermaslaah Memahami, Arti peran pendidik AUD dalam mengidentifikasi permasalahan pada anak mengerti tentang tindakan guru menghadapi anak yang bermasalah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang peran pendidik AUD dalam mengidentifikasi permaslahan pada anak Arti peran pendidik Curahan gagasan (brain stoarming, peta konsep, Dikskusi, jigsaw, tugas, soal analisis Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan arti peran pendidik AUD dalam mengidentifikasi permasalahan pada anak Ketepatan menyebutkan peran penting dalan mengidentifikasi permaslahan pada anak dan lain sebagainya 1. Diane E. Papilia, et.al (2008). Human Development (PsikologiPerkembangan).Edisi IX Cetakan 1. Kencana. Jakarta.
2. Elizabeth B. Hurlock (1980), Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta.
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Memahami tentang kerangka penanganan permasalaha AUD. Memahami langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mengidentifikasi permasalahan anak. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kerangka penanganan permaslahan AUD, memahami langkah-langkah pengumpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mengidentifikasi permaslahan anak Kerangka penanganan AUD Curahan gagasan (brain stoarming, peta konsep, Dikskusi, jigsaw, tugas, soal analisis Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan penanganan permasalahan AUD, Ketepatan menyebutkan memahami langkah-langkah pengunpulan data yang dilakukan oleh pendidik untuk mengidentifikasi permaslahan anak dan lain sebagainya 1. Diane E. Papilia, et.al (2008). Human Development (PsikologiPerkembangan).Edisi IX Cetakan 1. Kencana. Jakarta. 2. Elizabeth B. Hurlock (1980), Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta.
Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :1 Tugas Individu Mk7 Audio :1 Video :1
8 Memahami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Autis, dan Anak yang menolak pergi sekolah. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Anak yang ADHD Pengertian, tujuan, dan manfaat penanganan permasalahan AUD. Alat pengumpulan data yang dipergunakan pendidik untuk identifikasi permaslahan anak. Curahan gagasan (brain stoarming, peta konsep, Dikskusi, jigsaw, tugas, soal analisis Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan apa itu ADHD dan Autist Ketepatan menyebutkan tentang ADHD pada anak dan lain sebagainya . Diane E. Papilia, et.al (2008). Human Development (PsikologiPerkembangan).Edisi IX Cetakan 1. Kencana. Jakarta. 2. Elizabeth B. Hurlock (1980), Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Erlangga
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tugas Individu Mk8 Audio :2 Video :2
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. 100 Permainan Kecerdasan - M. Muhyi Faruq - -
  2. 365 Kisah Teladan Islam - Ariany Syurfah; M. Hum;M.Ag - PT Niaga Swadaya-
  3. 35 Fakta Sains yang Diajarkan Nabi Muhammad saw - Indah Hanaco - Gramedia Pustaka Utama-2017
  4. 20 M Ragam Aktivitas Kreatif PAUD dan TK - Rini Fazriana - Laksana-
  5. 100 Panduan Membina Amalan yang Baik dalam Pendidikan Awal Kanak-kanak - None - ITBM-2012
  6. 100 soal jawab psikologi anak - ; ; ; - Buku Prima-2008
  7. 100 Permainan Kecerdasan - ; ; - Grasindo-
  8. 101 KESALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN - Erwin Widiasworo; S.Pd. - Araska Publisher-
  9. 105 Permainan untuk Meningkatkan Kecerdasan & Kreativitas Buah Hati - Christine Lerin - TransMedia-2009
  10. 25 Metode Pembelajaran Asyik - Guru-guru SDIT Al Muhajirin Dotamana - Pemeral edukreatif-
  11. 100 Cara untuk Memotivasi Diri Sendiri - Rizki Irianto - Victory Pustaka Media-2022
  12. BERMAIN MATEMATIKA MENYENANGKAN UNTUK ANAK USIA DINI - - KEMENTRIAN PENDIDIKAN ri -2020
  13. BERMAIN SAINS MENYENANGKAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI - - kementrian Pendidikan RI-2020
  14. Bermain Matematika Menyenangkan - - -2021
  15. Bermain Sains - - -2022
  16. Bermain Sains - - -2022
  17. Bermain sains - - -2022






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud2-Analisis Permasalahan dan Perkembangan AUD / Analysis of Issues and Developments in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Neni Sumarni, M.MPd., Hari: Senin, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS