UPAYA PEMBINAAN KARAKTER SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI AL-WATHONIYAH CANTILAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

UPAYA PEMBINAAN KARAKTER SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI AL-WATHONIYAH CANTILAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: UPAYA PEMBINAAN KARAKTER SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI AL-WATHONIYAH CANTILAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: AHMAD RIFA'I
Abstrak: ABSTRAK AHMAD RIFA’I. NIM. 2014.2.2.00052 UPAYA PEMBINAAN KARAKTER SAOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI MI AL WATHONIYAH CANTILAN KABUPATEN CIREBON Pembinaan karakter dengan penanaman nilai-nilai kebangsaan dan fondasi nilai agama siswa menjadi satu keharusan seorang anggota Pramuka. Sehingga pada diri siswa mempunyai filter sebagai benteng untuk mempertahankan nilai-nilai kebangsaan. Penanaman nilai agama di sekolah yang salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pada tingkat pendidikan dasar serta berupaya dalam membina karakter sosoal siswa di MI AL-WATHONIYAH CANTILAN Kabupaten Cirebon. Penilaian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang sikap siswa, kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Selain itu tterdapat juga data tentang upaya pembinaan karakter sosial siswa melalui ekstrakulikuler di MI AL-WATHONIYAH CANTILAN Kabupaten Cirebon. Sebagai kerangka pemikir, pembinaan karakter sosial merupakan pengupayaan pembentukan karakter sosial siswa dalam dunia pendidikan melalui ekstrakulikuler sehingga menghasilkan keberhasilkan dalam belajar dan mempunyai rasa toleransi atau tasamuh, saling menghargai, saling percaya, dan saling membutuhkan. Penelitian ini dilakukan menggunakan setudi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan analisis data dilakukan untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukan upaya guru dalam penanaman karakter sosial siswa yaitu melalui pembelajaran dalam dan luar kelas, khususnya pembinaan karakter siswa, nilai keteladanan guru, kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Adapun karakter sosial siswa di MI AL-WATHONIYAH CANTILAN Kabupaten Cirebon yaitu pada proses ekstakulikuler pramuka. Fakta-fakta yang menjadi upaya penanaman karakter sosial pada siswa yaitu menghargai pendapat orang lain, toleransi, kebebasan yang bertanggung jawab. Sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, inovatif, berguna bagi nusa dan bangsa, memiliki masa depan yang cerah dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Karakter Sosial Siswa, Ekstrakulikuler Pramuka Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/309
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya