| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Manajemen Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x5mpi2 |
| Nama Matakuliah | Manajemen Peningkatan Kinerja Pendidik / Management of Educator Performance Improvement |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. Farid Wajdi, M.MPd |
| Peserta Perkuliahan | 2020.5.6.1.00129 - MUHAMMAD ABIL ABBAS, 2021.5.7.1.00147 - AGUS TOMY, 2021.5.7.1.00148 - AISYAH FADIATU RIZQI, 2021.5.7.1.00149 - ALFIN SEPTIANA, 2021.5.7.1.00152 - DELLA AMELIA, 2021.5.7.1.00153 - EGI SAYID HUDA, 2021.5.7.1.00154 - FAHMI ABDULLAH, 2021.5.7.1.00155 - IBNU HAJAR AL ASQOLANI, 2021.5.7.1.00158 - ISMI ANISATUN TOYYIBAH, 2021.5.7.1.00160 - KHOLILUL FADLI, 2021.5.7.1.00161 - KHOTIBUL UMAM, 2021.5.7.1.00162 - KURNAEN HIDAYAT, 2021.5.7.1.00163 - LIDIA HALIMATUSSA'DIYAH, 2021.5.7.1.00165 - MELIANA INDRIANI, 2021.5.7.1.00166 - MOH NURISKANDAR KHUMASIH, 2021.5.7.1.00171 - NURHASANAH, 2021.5.7.1.00172 - NURMALA, 2021.5.7.1.00174 - PUPUT PUTRIYANI, 2021.5.7.1.00175 - PUTRI AULIA, 2021.5.7.1.00176 - RAFLY EKA RAMDANI, 2021.5.7.1.00177 - RAIHAN DIVA AL PIQRI, 2021.5.7.1.00178 - RODOTUL JANNAH, 2021.5.7.1.00179 - SALSABILA NUR FAUZI, 2021.5.7.1.00182 - SODRI RAMDANI, 2021.5.7.1.00183 - TORIKO, 2021.5.7.1.00184 - WARHADI, 2021.5.7.1.00185 - WIJOYO, 2021.5.7.1.00186 - WIWI ROBIAH AL ADAWIYAH, 2021.5.7.1.00190 - AKHMAD SYAUQI, 2021.5.7.1.00202 - MUHAMAD SOFWAN RIZAL, 2021.5.7.1.00211 - PUTRA DWIKI REZA |
Sebagai sebuah profesi, guru terikat dengan kode etik Begitu pula dalam posisi dan kedudukannya sebagai tenag pendidik, seorang guru juga dituntut untuk berpenampilar ideal baik dalam hal berbicara, bersikap maupun berperilaki di sekolah dan di masyarakat. Logika seperti ini bisa diterima mengingat guru dalam pandangan masyarakat selali ditempatkan sebagai panutan dan teladan dalam segak hal khususnya menjadi uswah bagi anak didiknya. Apalag peran dan fungsi guru PAI ditimtut lebih ideal dalam segali bukan hanya karena status keguruannya saja, tapi image yang melekat sebagai guru PAI dalam mengintemalisasikar ajaran-ajaran Islam lebih dari sekedar profesi melainkar jadi tuntutan dan tanggung jawab moral. Dalam kaitar inilah, mata kuliah ini diorientasikan pada
pembekalan akar pentingnya etika yang bersumber pada ajaran-ajaran Islarr sebagai Iandasan mahasiswa sebagai calon guru agama
1. mampu menjelaskan prinsip dan etika dlm penelitian untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9, KK4);
2. mampu mengumpulkan, mengolah data dan menginterpretasi hasilnya secara logis dan sistematis untuk menghindari plagiasi dg sikap bertanggungjawab. (S9, KU1);
3. Memiliki kemampuan dalam memahami hakikat dan teori-teori media teknologi pendidikan sebagai instrumen penunjang dalam kegiatan pembelajaran di pendidikan dasar.
4. Memiliki ketrampilan dan keahlian dalam memilih dan menggunakan media teknologi pendidikan yang tepat sesuai dengan kondisi peserta didik, tujuan. jenis, karakteristik dan jenjang pendidikan di pendidikan dasar
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Pengetahuan, Pengertian dan Ruang Lingkup pengembangan profesi keguruan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Makna dan Hakikat Etika dalam Pengembangan Profesi Guru | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :6 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Pengertian dan Syarat Profesi Guru | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :11 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Kode Etik Profesi Guru | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Organisasi Profesi Keguruan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :6 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Pengembangan Sasaran Sikap Profesional | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Guru Profesional sebagai Komunikator dan Fasilitator | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Kompetensi Guru dan upaya Pengembangan Kompetensi Guru | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Beberapa Prinsip yang Perlu Diperhatkan dalam Pembelajaran. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Cara memotivasi Belajar Siswa | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Permasalahan yang Dihadapi Guru | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5mpi2-Manajemen Peningkatan Kinerja Pendidik / Management of Educator Performance Improvement (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Dr. Farid Wajdi, M.MPd, Hari: Senin, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon