Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader (2 SKS) 3 KELAS B Dr. Farid Wajdi, M.MPd, Senin, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader (2 SKS) 3 KELAS B Dr. Farid Wajdi, M.MPd, Senin, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x3pai3
Nama Matakuliah Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. Farid Wajdi, M.MPd
Peserta Perkuliahan 2022.1.25.1.03094 - AKHMAD KHALWI NAWAWI,
2022.1.25.1.03124 - IIP ALPIANI,
2022.1.25.1.03126 - IMAM SAFI'I,
2022.1.25.1.03135 - MIRA MARISA,
2022.1.25.1.03142 - MUHAMMAD FACHRUR ROZY,
2022.1.25.1.03154 - NURHAYATI,
2022.1.25.1.03157 - PUJI ADRIANA,
2022.1.25.1.03167 - SHANDY ACHMAD PRAYOGA,
2022.1.25.1.03168 - SHOFIYAH SALSABILA,
2022.1.25.1.03173 - SITI YULIAWATI,
2022.1.25.1.03176 - TUHFAH FAQIHAH MUDZAKKIRAH,
2022.1.25.1.03178 - UNAISAH,
2022.1.25.1.03185 - YASIR ABDULLAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model/pendekatan kepemimpinan pada umumnya,maupun inovasi yang dikembangkan dalam bidang pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan (sekolah dan madrasah) baik formal maupun nonformal, termasukkarakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin-peminpin lembaga pendidikan Islam. Secara umum, mata kuliah Kepemimpinandi Program Studi PAI mempelajari pengertian dan konsep dasar kepemimpinan, syarat-syarat dan prinsip kepemimpinan, kepemimpinan dan manajemen, pendekatan danmodel kepemimpinan, tipe dan gaya kepemimpinan, pengembangan dan pembinaan organisasi, peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpinpendidikan serta pemimpin pendidikan yang efektif..

3. Capaian / Kompetensi

Sikap
• Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
• Menjunjung tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
• Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
• Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta Tanah Air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan Bangsa
• Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi.
• Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dengan menghasilkan produk isi pesan komunikasi, kajian bidang komunikasi, dan program komunikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku


Keterampilan Umum
• Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dtau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
• Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
• Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Keterampilan Khusus
• Mampu memproduksi isi pesan untuk berbagai tujuain komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku.
• Mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan.
• Mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi;
• Mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Kontrak belajar, Pengenalan mata kuliah, pembagian kelompok, penjelasan esensi mata kuliah kepemimpinan pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Pengertian dan Konsep-konsep Dasar Kepemimpinan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Syarat dan Prinsip-prinsip Kepemimpinan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Syarat dan Prinsip-prinsip Kepemimpinan
tipe dan gaya kepemimpinan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 tipe dan gaya kepemimpinan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Peranan Pemimpin dalam Mengelola Konflik Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 peranan kepemimpinan dalam dinamika kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 peran kepemimpinan dalam perilaku organisasi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 kepemimpinan pendidikan pada Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 peran pemimpin dalam mengelola konflik Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 peran pemimpin dalam dinamika kelompok Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 pemimpin dalam pengambilan keputusan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 peran pemimpin dalam perilaku organisasi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis - Prof. Dr. H. Samsul NIzar; M.A. dkk - Prenada Media-2019
  2. Administrasi, Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan - Prof. Dr. Husaini Usman; M.Pd.; M.T. - Bumi Aksara-2021
  3. Kepemimpinan Pendidikan - Parjiyanti - Penerbit Tangga Ilmu-2023
  4. KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN - Dr. H. Muhammad Soleh Hapudin; M.Si; Dr. Ir. AriefKusuma Among Praja; S.T.; M.B.A.; IPU - Penerbit Andi-2023
  5. Kepemimpinan Pendidikan - Yuyun Nuriah - Global Eksekutif Teknologi-2023
  6. Kepemimpinan Pendidikan - Jejen Musfah - Prenada Media-2022
  7. KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN - Abdul Rahmat - Zahir Publishing-
  8. Kepemimpinan pendidikan - Dr. H Moh Sholeh. S. Ag., M. Pd. I - UIBBC-2023






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai3-Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Dr. Farid Wajdi, M.MPd, Hari: Senin, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS