EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON.

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON.

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Endang Saputra, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.author AGUNG RUDIANTIKA
dc.contributor.editor AGUNG RUDIANTIKA
dc.contributor.other Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI
dc.contributor.other Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:56:09Z
dc.date.available 2022-05-11T12:56:09Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-27
dc.identifier 2014.17.01865
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/306
dc.description Kata Kunci : efektivitas Referensi :
dc.description.abstract Agung Ruantika, NIM.2014.17.01865 : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Penelitian ini mengarah pada suatu permasalahan mengenai proses belajar mengajar PAI kelas VII di SMP NU Lemahabang kecamatan lemahabang kabupaten cirebon, guru dalam mengajar materi pembelajaran PAI kurang begitu dimengerti dan dipahami oleh siswa pada mata pelajaran PAI kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaaan metode pembelajaran Think, Pair, Share untuk mendeskripsikan tentang prestasi belajar siswa serta untuk mendeskripsikan seberapa kuat pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran Think, Pair, Share terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas VII di SMP NU Lemahabang kecamatan lemahabang kabupaten cirebon. Metode pembelajaran model Think, Pair, Share merupakan salahsatu dari sekian banyak metode pembelajaran yang akan membuat proses pembelajaran tidak lagi monoton seperti halnya kebanyakan proses pembelajaran yang hanya terpusat pada seorang guru tanpa disertai keaktifan siswa ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, populassi yang digunakan dalam peneltian ini yaitu seluruh kelas VIII NU Lemahabang kecamatan lemahabang kabupaten cirebon yang berjumlah 23 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan dari jumlah populasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data menggunakan angket yang diisi oleh responden dan hasil tes kemudian hasilnya diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata hasil analisis presentase untuk variable X tentang penggunaan metode pembelajaran model Think, Pair, Share yang mencapai 88,46%, nilai tersebut mempnyai arti bahwasannya penggunaan metode pembelajaran model Think, Pair, Share sangat baik.nilai rata rata prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu 78,9 nilai tersebut jika di konversikan dalam hasil analisis skor ideal yang memiliki rentan skor X>48,13. Maka dapat disimpulkan bahwasannya prestasi belajar siswa adalah baik. Kemudian pada pengujian hipotesis, untuk nilai r hitung sebesar 0,895 itu berarti pengaruh variable X metode (Think, Pair, Share) terhadap variable Y (prestasi belajar siswa) adalah sangat kuat. Sedangkan untuk nilai KP yaitu sebesar 80% artinya variable X mempunyai pengaruh sebesar 80% terhadap variable Y dan sisanya 20% dipengaruhi oleh vaktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, lalu dilanjutkan uji t dengan tingkat
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject efektivitas
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON.
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273769423_Cover skripsi-1.jpg 172.9Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya