EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNTET KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNTET KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Sulkhah, M.Pd
dc.contributor.advisor Dr. Agus Prayitno, M.Pd.
dc.contributor.author PUPUT LAELA ROMDONIAH
dc.contributor.editor PUPUT LAELA ROMDONIAH
dc.contributor.other Dra.Hj. Lina Marliani,MA
dc.contributor.other H. Ahmad Munajim, MM
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:55:59Z
dc.date.available 2022-05-11T12:55:59Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-27
dc.identifier 2015.3.3.1.00192
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl7QRxfbqKjG5wfoXBBIdTflPTijkQHXfZfupqX%2F5xmejyK47902ksDYEdaBuQ4OfxvAcaxfZSlKqJ00zCH59fK4iyfrHaBCooeqnyXaBMvbMMiHdEwfGKSRUQ%2FYWl4Qrq7Z%2BYiqSKCiu94Ade7W4D%2BTfm%2FazuHhG4%3D
dc.description Kata Kunci : model team quiz hasil belajar, IPS Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK PUPUT LAELA ROMDONIAH. NIM 2015.3.3.1.00192 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNTET KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas Efektivitas Model Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 3 Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dalam kelas. Kebosanan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran team quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 3 Buntet Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneliti ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mendapatkan data tentang efektivitas model team quiz (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian random sampling, karena hanya mengambil siswa kelas V di SDN 3 Buntet dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 34 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji normalitas dan uji homogenitas yang ada yaitu variabel X (penggunaan model team quiz) dan variabel Y (peningkatan hasil belajar siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui hasil belajar dari nilai pretest dan posttest. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik, dimana terdapat hasil yang positif antara penggunaan model team quiz (X) terhadap peningkatan hasil belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukan oleh hasil uji Paired Samples Test di atas nilai thitung sebesar 9,418 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan thitung (9,418) lebih besar dari ttabel (2.14479)yang dapat diartikan perbedaan kemampuan kerja sama siswa adalah signifikan. Penerapan model team quiz diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah. Model pembelajaran ini,diharapkan siswa akan merubah cara belajar dari belajar positif menjadi aktif. Penelitian ini, dihrapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di SDN 3 Buntet, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject model team quiz hasil belajar, IPS
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNTET KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273759564_PUPUT LAELA ROMDONIAH.pdf 855.1Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273760823_cover.jpg 457.7Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUNTET KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya