Penelitian Tindakan Kelas / Classroom Action Research (2 SKS) 5 KELAS A Dr. H. Casta, M.Pd, Senin, 11.00 s.d 12.15

Publikasi Unusia

Penelitian Tindakan Kelas / Classroom Action Research (2 SKS) 5 KELAS A Dr. H. Casta, M.Pd, Senin, 11.00 s.d 12.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kode Matakuliah x5pgmi9
Nama Matakuliah Penelitian Tindakan Kelas / Classroom Action Research
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. H. Casta, M.Pd
Peserta Perkuliahan 2021.3.9.1.00686 - ANJANI NURUL FAUZILLAH,
2021.3.9.1.00687 - ANNISA FITRIANI,
2021.3.9.1.00688 - ANNISA FAKHRIATUL ISLAMIYAH,
2021.3.9.1.00689 - AYU PURANTI,
2021.3.9.1.00690 - DHEA NURKHALIZAH JAHAROH,
2021.3.9.1.00691 - ERLINA OKTAFIYAH,
2021.3.9.1.00692 - FIDDINI ISLAMI,
2021.3.9.1.00693 - HILDA NUR AZZAHRA,
2021.3.9.1.00694 - HUSNUL KHOTIMAH,
2021.3.9.1.00695 - LAELA MAGFIROH,
2021.3.9.1.00696 - LITA NURAFIFAH,
2021.3.9.1.00697 - LOVI SUCIYATI,
2021.3.9.1.00698 - LU'LU MUJAYANAH,
2021.3.9.1.00699 - NOVA JUNAENI,
2021.3.9.1.00701 - QUROTUL AINI,
2021.3.9.1.00702 - RATIH WAHIDAH RAHMA PUTRI,
2021.3.9.1.00703 - ROIHATUL JANNAH,
2021.3.9.1.00704 - SALMA NAFISAH,
2021.3.9.1.00706 - SITI NABILA KHARISMA,
2021.3.9.1.00707 - TUTI FATIMATUL ZAHRO,
2021.3.9.1.00708 - WULAN NINDHI RELITZIA PUTRI,
23S1PGMI0047 - SHERINA EKA SUMANTRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memberikan pengetahuan, pemahaman dan tuntutan untuk mengimplementasikan dalam suati karya nyata berupa proposal PTK dan penelitian empiris. Orientasi pembelajaran PTK ditekankan pada pengenalan konsep dasar, karakteristik, prinsip dan model-model PTK, selanjutnya diarahkan untuk mendalami hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PTK yang meliputri: menentukan permasalahan dan focus penelitian, prosedur pengumpulan data dan diakhiri dengan analisis data lapangan. Mengingat agak berbeda dengan penelitian Pendidikan yang lain, maka pemberian materi PTK memerlukan matakuliah prasyarat penelitian Pendidikan.Pengalaman dari pemberian matakuliah PTK selanjutnya diharapkan menjadi bekal yang sangat berharga bagi usaha mengembangkan inovasi pembelajaran, terutama salam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran

3. Capaian / Kompetensi

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
memiliki keterampilan dalam melakukan praktik pembelajaran melalui kegiatan microteaching dan realteaching dengan menggunakan dengan menggunakan berbagai pendekatan pada jenjang pendidikan dasar
memiliki keterampilan dalam mengembangkan pendekatan, model, metode pembelajaran berbasis HOTS dalam bidang jenjang pendidikan dasar
Mampu memahami karakteristik peserta didik pada jenjang pendidikan dasar mulai dari aspek fisik,psikologis, moral,spiritual,sosial, kultural,emosional, dan intelektual
menguasai konsep pendekatan, model dan metode penelitian di jenjang pendidikan dasar

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami prinsip-prinsip dasar Penelitian dan Kebenaran Ilmiah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 tugas individual Audio Video
2 Memahami Paradigma, Pendekatan, dan Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Memahami prinsip dasar dan karakteristik Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 TUGAS KELOMPOK Audio Video
4 Menganalisis Model-model Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Menganalisis Tahap-tahap Penelitian Tindakan kelas Model Kemmis & Taggart Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mengeksplorasi Penemuan Masalah PTK Pendidikan Dasar Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :2 tugas individual Audio Video
7 Mengeksplorasi Tindakan Perbaikan pada PTK (Berbasis Metode & Model Pembelajaran) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 TUGAS INDIVIDUAL Audio Video
8 Mengeksplorasi Tindakan Perbaikan pada PTK (Berbasis Media Pembelajaran) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Menyusun Proposal PTK bidang Pendidikan Dasar Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mengembangkan Deskripsi Teori untuk PTK Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mengembangkan Kerangka Berpikir dan Hipotesis Tindakan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mengembangkan Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Membuat Analisis PTK: analisis data kualitatif dan data kuantitatif Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Membuat dan merumuskan Refleksi Tindakan dalam PTK Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Membuat laporan PTK dalam bentuk artikel Jurnal: Judul, author, afiliasi dan introduction Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Membuat laporan PTK dalam bentuk artikel Jurnal: Hasil dan Pembahasan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Membuat laporan PTK dalam bentuk artikel Jurnal: Kesimpulan dan Abstrak Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 19 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pgmi9-Penelitian Tindakan Kelas / Classroom Action Research (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Dr. H. Casta, M.Pd, Hari: Senin, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS