| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x3pai3 |
| Nama Matakuliah | Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. Farid Wajdi, M.MPd |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.02978 - HASAN NURDIN, 2022.1.25.1.03083 - ABD. RAHMAN, 2022.1.25.1.03084 - ABDUL GHONI, 2022.1.25.1.03097 - AMANDA FATINABILA, 2022.1.25.1.03098 - AMELIA MAULIDA KHOERUNNISA, 2022.1.25.1.03101 - ANGELA KHOIRINNA, 2022.1.25.1.03102 - ARDIANSYAH, 2022.1.25.1.03104 - ASTRI SEPTIANI, 2022.1.25.1.03107 - AZALEA FELISA, 2022.1.25.1.03109 - CINTARIN SETIANEGARA, 2022.1.25.1.03113 - DIVA NAEDILA M, 2022.1.25.1.03114 - EGIA BAGAS HERGIANTO, 2022.1.25.1.03119 - FERIZMA NOVIANA, 2022.1.25.1.03120 - HANA SITI MARDHIYAH, 2022.1.25.1.03125 - IKE ALVINAH, 2022.1.25.1.03127 - INAYAH MAULIDA, 2022.1.25.1.03138 - MUHAMAD ABDUL GHONI, 2022.1.25.1.03141 - MUHAMMAD DHANI, 2022.1.25.1.03144 - MUHAMMAD FAJAR SIDIK, 2022.1.25.1.03146 - MUHAMMAD IQBAL MAULANA, 2022.1.25.1.03147 - MUHAMMAD MU'MIN SHOLIH, 2022.1.25.1.03149 - NANDA HUSNUTTAWWABIN, 2022.1.25.1.03151 - NUR LAELA SOFA, 2022.1.25.1.03159 - RATIH ALMANI, 2022.1.25.1.03166 - SAMSUL BAHARI, 2022.1.25.1.03175 - SULTHON HANAN, 2022.1.25.1.03181 - WIDIYA SULISTIAWATI, 2022.1.25.1.03182 - WILDAN MAULANA SHIDDIQ, 2022.1.25.1.03184 - WILDIATUN UMAMI |
Mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model/pendekatan kepemimpinan pada umumnya,maupun inovasi yang dikembangkan dalam bidang pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan (sekolah dan madrasah) baik formal maupun nonformal, termasukkarakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin-peminpin lembaga pendidikan Islam. Secara umum, mata kuliah Kepemimpinandi Program Studi PAI mempelajari pengertian dan konsep dasar kepemimpinan, syarat-syarat dan prinsip kepemimpinan, kepemimpinan dan manajemen, pendekatan danmodel kepemimpinan, tipe dan gaya kepemimpinan, pengembangan dan pembinaan organisasi, peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpinpendidikan serta pemimpin pendidikan yang efektif..
Sikap
• Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
• Menjunjung tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
• Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
• Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta Tanah Air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan Bangsa
• Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi.
• Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dengan menghasilkan produk isi pesan komunikasi, kajian bidang komunikasi, dan program komunikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku
Keterampilan Umum
• Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dtau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
• Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
• Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Keterampilan Khusus
• Mampu memproduksi isi pesan untuk berbagai tujuain komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku.
• Mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan.
• Mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi;
• Mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak belajar, Pengenalan mata kuliah, pembagian kelompok, penjelasan esensi mata kuliah kepemimpinan pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Pengertian dan Konsep-konsep Dasar Kepemimpinan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Syarat dan Prinsip-prinsip Kepemimpinan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Syarat dan Prinsip-prinsip Kepemimpinan tipe dan gaya kepemimpinan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | tipe dan gaya kepemimpinan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Peranan Pemimpin dalam Mengelola Konflik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | peranan kepemimpinan dalam dinamika kelompok | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | peran kepemimpinan dalam perilaku organisasi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | kepemimpinan pendidikan pada Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | peran pemimpin dalam mengelola konflik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | peran pemimpin dalam dinamika kelompok | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | pemimpin dalam pengambilan keputusan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | peran pemimpin dalam perilaku organisasi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai3-Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Dr. Farid Wajdi, M.MPd, Hari: Senin, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon