| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai2 |
| Nama Matakuliah | Pendidikan Agama Islam SMP / Islamic Religious Education for Junior High School |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs. Kaelani, M.Ag. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.02960 - ANIS SITI ANNISA, 2021.1.24.1.02961 - ANNAS, 2021.1.24.1.02973 - GINA FAUZIAH, 2021.1.24.1.02978 - HASAN NURDIN, 2021.1.24.1.02985 - JOLEHA, 2021.1.24.1.02987 - JUNDI ABDUL SYAHID, 2021.1.24.1.03007 - MUHAMMAD CHABIB, 2021.1.24.1.03015 - NENENG NUR ASIYAH, 2021.1.24.1.03020 - NUR AZIZAH, 2021.1.24.1.03031 - SILVIA JULIYANTI, 2021.1.24.1.03033 - SITI KHOERUN NISA, 2021.1.24.1.03039 - SUKANDAR, 2021.1.24.1.03050 - VILIA FITRIARTI, 2021.1.24.1.03054 - ZAIN ALIMUDIN, 2021.1.24.1.03076 - PARIS BERLIANI |
Penyampaian Tentang Deskripsi Perkuliahan dan pemahasan Topik Inti-Topik Inti (TI) untuk kesepakatan kontrak kuliah secara umum dan mermberikan motivasi dan penguatan perkuliahan Kajian Kurukulum PAI di SMP (Islamic Religious Education For Yunior High School)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu mengenali dan memehami tentang Konsep Kurikulum/perkuliahan dalam Kajian Kurukulum PAI di SMP (Islamic Religious Education For Yunior High School) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Tentang perkuliahan dalam Kajian Kurukulum PAI di SMP (Islamic Religious Education For Yunior High School) | Tanya jawab, Diskusi, Inquiry and Discovery | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Terlampir dalam E campus |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :7 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 2 | ahasiswa mampu mengenali dan memehami tentang prinsip Kurikulum/perkuliahan dalam Kajian Kurukulum PAI di SMP (Islamic Religious Education For Yunior High School) Pembagian TI 1-10 dg Kelompok 1-10 membuat Makalah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | mengenali dan memehami tentang prinsip Kurikulum/perkuliahan dalam Kajian Kurukulum PAI di SMP (Islamic Religious Education For Yunior High School) Pembagian TI 1-10 dg Kelompok 1-10 membuat Makalah | Diskusi, tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :2 Video :2 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa terampil untuk Menganalisis makna implisit dari konsep kurikulum PAI yang berlaku di SMP, Pendidikan Menengah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menganalisis makna implisit dari konsep kurikulum PAI yang berlaku di SMP, Pendidikan Menengah | Diskusi, Tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Resume dan Latihan Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu Melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di SMP, Pendidikan Menengah yang terdiri dari tujuan,dan materi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep dan Komponen-komponen kurikulum PAI di SMP, Pendidikan Menengah yang terdiri dari tujuan,dan materi | Prentase, Diskusi, tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu Melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di SMP, Pendidikan Menengah yang terdiri dari tujuan,dan materi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di SMP, Pendidikan Menengah yang terdiri dari tujuan,dan materi | Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu Melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di SMP, Pendidikan Menengah yang terdiri dari metode dan model | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di SMP, Pendidikan Menengah yang terdiri dari metode dan model | Presentse, Diskusi, Tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu Menjelaskan komponen-komponen dalam kurikulum PAI yag berlaku di SMP, Pendidikan Menengah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menjelaskan komponen-komponen dalam kurikulum PAI yag berlaku di SMP, Pendidikan Menengah | Presentasi, Diskusi, Tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjawab beberapa pertanyaan / soal-soal PTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menjawab beberapa pertanyaan / soal-soal PTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Penetapan alasan tujuan pembelajaran,Sistematika pemilihan materi, metode pembelajaran daen evaluasi yg relevan dalam Kurikulum PAI SMP | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Tujuan pembelajaran,Sistematika pemilihan materi, metode pembelajaran daen evaluasi yg relevan dalam Kurikulum PAI SMP | Diskusi, presentasi, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :4 Video :3 | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu menganalisis penetapan tujuan pembelajaran,sistematika materi, metode pembelajaran dan evaluasi yg relevan dalam kurikulum PAI SMP | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | menganalisis penetapan tujuan pembelajaran,sistematika materi, metode pembelajaran dan evaluasi yg relevan dalam kurikulum PAI SMP | Diskusi, presentasi, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menganalisis alasan penetapan tujuan pembelajara, sistematika materi, metodepembelajaran dan evaluasi yang relevan dalam Kurikulum PAI SMP | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menganalisis alasan penetapan tujuan pembelajara, sistematika materi, metodepembelajaran dan evaluasi yang relevan dalam Kurikulum PAI SMP | Presentasi, Diskusi, tanya jawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu mengevaluasi alasan penetapan tujuan pembelajaran materi, metode pembelajaran, evaluasi yg relevan dalam konsep kurikulum PAI SMP | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | mengevaluasi alasan penetapan tujuan pembelajaran materi, metode pembelajaran, evaluasi yg relevan dalam konsep kurikulum PAI SMP | Presentase, diskusi, tanyajawab, Inquiry dan discovery | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :2 Video :1 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu memahami silabus PAI konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | memahami silabus PAI konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis | Presentasi, Diskusi, tanyajawab, Inquiry and Discovery | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :9 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menganalisis silabus PAI konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis Bahan Kajian: |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menganalisis silabus PAI konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis Bahan Kajian: |
Presentase, Diskusi, tanyajawab, Inquiry and Discovery | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :11 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menganalisis silabus PAI konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis Bahan Kajian: |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menganalisis silabus PAI konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis Bahan Kajian: |
Presentase, Diskusi, tanyajawab, Discovery and Inquiry | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :6 Tidak ada tugas Audio :2 Video :2 | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu mengevaluasi, Revisi konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis Bahan Kajian: |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengevaluasi, Revisi konsep kurikulum PAI SMP sebagai hasil dar kerja telaah kritis Bahan Kajian: |
Diskusi, tanya jawab dan Discovery and Inquiryand | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | di E Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :6 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :4 Resume materi pertemuan Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjawab soal-soal PAS (Penilaian Akhir Sumatif ) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menjawab soal-soal PAS (Penilaian Akhir Sumatif ) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Resume dan Latihan Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | PSAT (Penilaian Semester Akhir Tahun) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai2-Pendidikan Agama Islam SMP / Islamic Religious Education for Junior High School (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Drs. Kaelani, M.Ag., Hari: Senin, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon