Efektivitas metode bercerita terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 3 Karangasembung kecamatan Karangasembung kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas metode bercerita terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 3 Karangasembung kecamatan Karangasembung kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektivitas metode bercerita terhadap kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 3 Karangasembung kecamatan Karangasembung kabupaten Cirebon
Penulis: NABILAH
Abstrak: NABILAH. NIM. 2015.3.3.1.00223 "EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI 3 KARANGSEMBUNG KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON TAHUN 2018/2019. penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini di sebabkan oleh pembelajaran yang hanya disampaikan dengan cara teacher oriented yang lebih didominasi oleh guru, akibatnya pembelajaran terkesan monoton, siswa banyak yang tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut berefek juga terhadap hasil belajarnya yaitu nilai Bahasa Indonesia masih banyak yang rendah dibawah KKM. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan melalui metode bercerita yang tertuang dalam teks cerita, untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian dilakukan di kelas III SD negeri 3 Karangasembung dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non Rendomized control group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III yy berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III sebelum diterapkan metode bercerita nilai rata-rata nya adalah 77,43 sedangkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan setelah menggunakan metode bercerita nilai rata-rata nya adalah 81,43 dari kedua kelas tersebut sudah terlihat sangat jelas dimana hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil penelitian posttest siswa dinyatakan tuntas belajar karena memperoleh nilai > 75 dengan nilai ketuntasan 81% sehingga hasil belajar dapat dikategorikan baik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Kesimpulan dari hasil penelitian metode bercerita yang digunakan oleh peneliti di kelas III pada materi mengidentifikasi informasi dalam memahami isi bacaan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan, hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen 81,43 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dalam hasil belajar siswa.
Deskripsi: Kata Kunci : Metode bercerita, Memahami isi bacaan Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcnFe2J6kxQI1RkjtzmfV%2Fl1RpHRM9oB739yQ8Gv9eDdcOtWcAbK9rQVVzIZJT5sbC%2FwzeRtSuuMxi1s1HX%2F1FcdBrx3X0K6I24EezDSQR07INyUNyWZYWV8kCFaehTTC8TEwcQQCPdTKXtAka77Y6V5OUwEgPXJwAs%3D
Tanggal: 2019-06-17


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273751210_Skripsi new.pdf 820.3Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya