| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x3pgmi2 |
| Nama Matakuliah | Desain Kurikulum SD/MI / Elementary School Curriculum Design |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Ratna Purwati,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.3.10.1.00718 - AINUL GHURRY, 2022.3.10.1.00720 - ANANDA FAUZIYAH AHMAD, 2022.3.10.1.00721 - ANISATUNNISA, 2022.3.10.1.00723 - BAGUS SETIAWAN MIFTAKH, 2022.3.10.1.00724 - DELLA PUSPITA, 2022.3.10.1.00725 - DEVIA ANGGRAENI, 2022.3.10.1.00726 - DIANA DINI ASTUTI, 2022.3.10.1.00730 - FATIMAH AZZAHRA, 2022.3.10.1.00731 - FIKRI FAUZAN, 2022.3.10.1.00732 - FITRI AULIYANI, 2022.3.10.1.00735 - HANIFAH, 2022.3.10.1.00736 - HAZIMAH SHOFIYAH, 2022.3.10.1.00742 - KAMILAH DANISH ARA, 2022.3.10.1.00743 - LILIS MARDIANA, 2022.3.10.1.00744 - M. ADAM ZIKRILLAH, 2022.3.10.1.00746 - MILA SARI, 2022.3.10.1.00747 - MOH. HIDAYATULLAH, 2022.3.10.1.00748 - MOHAMAD DIFA HAQQAN, 2022.3.10.1.00755 - NIA NURFAUZIAH, 2022.3.10.1.00756 - NITA ALJULIA, 2022.3.10.1.00758 - NUR'ASYIFA, 2022.3.10.1.00764 - RAHMAWATI, 2022.3.10.1.00765 - RATNA ROKHIMAH, 2022.3.10.1.00768 - ROSAILAH FARHAH, 2022.3.10.1.00773 - SITI SU'AEDAH, 2022.3.10.1.00774 - SOVIYAWATI, 2022.3.10.1.00778 - ULIF YASIHAN NURIKHA, 2022.3.10.1.00779 - ULUL ALBAB, 2022.3.10.1.00781 - VARADILA NUR SYAFIIQOH, 2022.3.10.1.00787 - SITI FARAH NABILA, 2022.9.6.1.00304 - ABDUL MALIK IBROHIM, 23S1PGMI0063 - DAFFA AFFANIN RIANA |
MMata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan kurikulum PGMI dengan bahasan berikut: (1) Konsep dasar kurikulum; (2) perkembangan kurikulum di Indonesia; (3) Landasan pengembangan kurikulum; (4) Komponen-komponen utama kurikulum; (5) Landasan Pengembangan Kurikulum; (6) Fungsi kurikulum dalam Pendidikan; (7) Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum; (8) Model-Model Pengembangan Kurikulum; (9) Organisasi Kurikulum; (10) Pola pengembangan kurikulum; (11) Persiapan Pelaksanaan Kurikulum; (12) Monitoring dan Pembinaan kurikulum; (13) Evaluasi Kurikulum dan perubahan kurikulum; (14) Implementasi Kurikulum
Sikap
CPMK 1 : Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kemandirian dalam menyelesaikan tugas
Pengetahuan
CPMK 2: Memiliki kemampuan memahami konsep dasar dan model-model strategi pengembangan kurikulum
Keterampilan Umum
CPMK 3 : Memiliki kemampuan memetakan SKL, KI, dan KD, merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum
Keterampilan Khusus
a) CPMK 4 : Memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum SD/MI sesuai tuntutan kurikulum dan regulasi perundangan yang berlaku
b) CPMK 5 :Memiliki kemampuan mengevaluasi muatan/isi kurikulum MI/SD di satuan pendidikan
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kontrak Mata Kuliah | URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM | diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :10 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | Mampu memahami tentang Pengertian kurikulum, fungsi dan peranan kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pengertian kurikulum, fungsi dan peranan kurikulum | a. Pengertian Kurikulum b. Fungsi Kurikulum c. Peranan Kurikulum |
diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :3 Resume Mind Mapping Audio Video | ||||||||
| 3 | Mampu memahami Perkembangan Kurikulum di Indonesia | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu Perkembangan Kurikulum di Indonesia | a. Kurikulum 1947 b. Kurikulum 1952 c. Kurikulum 1964 d. Kurikulum 1968 e. Kurikulum 1975 f. Kurikulum 1984 g. Kurikulum 1994 dan1999 h. Kurikulum 2004, KBK i. Kurikulum 2006 KTSP j. Kurikulum 2013 k. Kurikulum Merdeka |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
|
| Catatan Ujian Diskusi :24 Materi :1 makalah dan PPT Perkembangan K... Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu memahami landasan pengembangan kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan landasan pengembangan kurikulum | Landasan-landasan pengembangan kurikulum | Diskusi Tanya Jawab Penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Makalah dan PPT kelompok 2 Audio Video | ||||||||
| 5 | Mampu memahami Pengembangan Kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan konsep dasar pengembangan kurikulum | a. Pengembangan Kurikulum menurut para ahli b. Kebijakan Pengembangan kurikulum c. Tingkatan Pengembangan Kurikulum d. Keterlibatan Pengembang Kurikulum |
Diskusi Tanya Jawab Penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Widiantari, Dian. 2022. Manajemen Kurikulum Business Center Otomotif Di Pkbm Berlian Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Repository IAI Bunga Bangsa Cirebon. https://drive.google.com/uc?export=view&id=1P2mqEPJ0YINauMsyz90_QBPVG77uih83 https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/688 3. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Makalah dan PPT Kelompok 3 Audio Video | ||||||||
| 6 | Mampu memahami PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM | 1. Pengertian Prinsip, 2. SUmber prinsip dasar pengembangan kurikulum, 3. Tipe prinsip dasar pengembangan kurikulum, 5. Macam-macam prinsip dasar pengembangan kurikulum |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo |
|
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Makalah dan PPT kelompok 4 Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu memahami Komponen-komponen Kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Komponen-komponen Kurikulum | a. Komponen-komponen yang membentuk sistem kurikulum b. Keterkaitan antara komponen satu dengan yang lainnya |
Diskusi tanya Jawab Penugasan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon 2. Widiantari, Dian. 2022. Manajemen Kurikulum Business Center Otomotif Di Pkbm Berlian Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Repository IAI Bunga Bangsa Cirebon. https://drive.google.com/uc?export=view&id=1P2mqEPJ0YINauMsyz90_QBPVG77uih83 https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/688 3. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Makalah dan PPT kelompok 5 Audio Video | ||||||||
| 8 | MAMPU MEMAHAMI MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | memahami organisasi kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | KONSEP DAN JENIS ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Pola pengembangan kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Persiapan pelaksanaan kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Monitoring dan pembinaan kurikukum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Evaluasi dan perubahan Kurikulum | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Implementasi kurikulum 2013 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Memahami pengembangan kurikulum merdeka SD/MI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | MAMPU MENGANALISIS PERBEDAAN KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | KURIKULUM MERDEKA KURIKULUM 2013 |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | MINI RISET PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MI/SD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | LAPORAN MINI RISET | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | KEGIATAN PENELITIAN DI MI/SD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | OBSERVASI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | MEMBUAT ARTIKEL MINI RISET DI SD/MI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pgmi2-Desain Kurikulum SD/MI / Elementary School Curriculum Design (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Ratna Purwati,M.Pd., Hari: Senin, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon