Desain Kurikulum SD/MI / Elementary School Curriculum Design (2 SKS) 3 KELAS A Ratna Purwati,M.Pd., Senin, 09.15 s.d 10.30

Publikasi Unusia

Desain Kurikulum SD/MI / Elementary School Curriculum Design (2 SKS) 3 KELAS A Ratna Purwati,M.Pd., Senin, 09.15 s.d 10.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kode Matakuliah x3pgmi2
Nama Matakuliah Desain Kurikulum SD/MI / Elementary School Curriculum Design
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ratna Purwati,M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2022.3.10.1.00718 - AINUL GHURRY,
2022.3.10.1.00720 - ANANDA FAUZIYAH AHMAD,
2022.3.10.1.00721 - ANISATUNNISA,
2022.3.10.1.00723 - BAGUS SETIAWAN MIFTAKH,
2022.3.10.1.00724 - DELLA PUSPITA,
2022.3.10.1.00725 - DEVIA ANGGRAENI,
2022.3.10.1.00726 - DIANA DINI ASTUTI,
2022.3.10.1.00730 - FATIMAH AZZAHRA,
2022.3.10.1.00731 - FIKRI FAUZAN,
2022.3.10.1.00732 - FITRI AULIYANI,
2022.3.10.1.00735 - HANIFAH,
2022.3.10.1.00736 - HAZIMAH SHOFIYAH,
2022.3.10.1.00742 - KAMILAH DANISH ARA,
2022.3.10.1.00743 - LILIS MARDIANA,
2022.3.10.1.00744 - M. ADAM ZIKRILLAH,
2022.3.10.1.00746 - MILA SARI,
2022.3.10.1.00747 - MOH. HIDAYATULLAH,
2022.3.10.1.00748 - MOHAMAD DIFA HAQQAN,
2022.3.10.1.00755 - NIA NURFAUZIAH,
2022.3.10.1.00756 - NITA ALJULIA,
2022.3.10.1.00758 - NUR'ASYIFA,
2022.3.10.1.00764 - RAHMAWATI,
2022.3.10.1.00765 - RATNA ROKHIMAH,
2022.3.10.1.00768 - ROSAILAH FARHAH,
2022.3.10.1.00773 - SITI SU'AEDAH,
2022.3.10.1.00774 - SOVIYAWATI,
2022.3.10.1.00778 - ULIF YASIHAN NURIKHA,
2022.3.10.1.00779 - ULUL ALBAB,
2022.3.10.1.00781 - VARADILA NUR SYAFIIQOH,
2022.3.10.1.00787 - SITI FARAH NABILA,
2022.9.6.1.00304 - ABDUL MALIK IBROHIM,
23S1PGMI0063 - DAFFA AFFANIN RIANA

2. Deskripsi Pembelajaran

MMata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan kurikulum PGMI dengan bahasan berikut: (1) Konsep dasar kurikulum; (2) perkembangan kurikulum di Indonesia; (3) Landasan pengembangan kurikulum; (4) Komponen-komponen utama kurikulum; (5) Landasan Pengembangan Kurikulum; (6) Fungsi kurikulum dalam Pendidikan; (7) Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum; (8) Model-Model Pengembangan Kurikulum; (9) Organisasi Kurikulum; (10) Pola pengembangan kurikulum; (11) Persiapan Pelaksanaan Kurikulum; (12) Monitoring dan Pembinaan kurikulum; (13) Evaluasi Kurikulum dan perubahan kurikulum; (14) Implementasi Kurikulum

3. Capaian / Kompetensi

Sikap
CPMK 1 : Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kemandirian dalam menyelesaikan tugas
Pengetahuan
CPMK 2: Memiliki kemampuan memahami konsep dasar dan model-model strategi pengembangan kurikulum
Keterampilan Umum
CPMK 3 : Memiliki kemampuan memetakan SKL, KI, dan KD, merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum
Keterampilan Khusus
a) CPMK 4 : Memiliki kemampuan mengembangkan kurikulum SD/MI sesuai tuntutan kurikulum dan regulasi perundangan yang berlaku
b) CPMK 5 :Memiliki kemampuan mengevaluasi muatan/isi kurikulum MI/SD di satuan pendidikan

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kontrak Mata Kuliah URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM diskusi dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi Materi :10 Tidak ada tugas Audio Video :1
2 Mampu memahami tentang Pengertian kurikulum, fungsi dan peranan kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pengertian kurikulum, fungsi dan peranan kurikulum a. Pengertian Kurikulum
b. Fungsi Kurikulum
c. Peranan Kurikulum
diskusi dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :3 Resume Mind Mapping Audio Video
3 Mampu memahami Perkembangan Kurikulum di Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu Perkembangan Kurikulum di Indonesia a. Kurikulum 1947
b. Kurikulum 1952
c. Kurikulum 1964
d. Kurikulum 1968
e. Kurikulum 1975
f. Kurikulum 1984
g. Kurikulum 1994 dan1999
h. Kurikulum 2004, KBK
i. Kurikulum 2006 KTSP
j. Kurikulum 2013
k. Kurikulum Merdeka
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian Diskusi :24 Materi :1 makalah dan PPT Perkembangan K... Audio Video
4 Mahasiswa mampu memahami landasan pengembangan kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan landasan pengembangan kurikulum Landasan-landasan pengembangan kurikulum Diskusi
Tanya Jawab
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Makalah dan PPT kelompok 2 Audio Video
5 Mampu memahami Pengembangan Kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan konsep dasar pengembangan kurikulum a. Pengembangan Kurikulum menurut para ahli
b. Kebijakan Pengembangan kurikulum
c. Tingkatan Pengembangan Kurikulum
d. Keterlibatan Pengembang Kurikulum
Diskusi
Tanya Jawab
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Widiantari, Dian. 2022. Manajemen Kurikulum Business Center Otomotif Di Pkbm Berlian Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Repository IAI Bunga Bangsa Cirebon.
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1P2mqEPJ0YINauMsyz90_QBPVG77uih83
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/688

3. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Catatan Ujian Diskusi Materi Makalah dan PPT Kelompok 3 Audio Video
6 Mampu memahami PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM 1. Pengertian Prinsip, 2. SUmber
prinsip dasar pengembangan kurikulum, 3. Tipe prinsip dasar pengembangan kurikulum, 5. Macam-macam prinsip dasar
pengembangan kurikulum
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim,R., Sanjaya, W., dkk. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo
Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Makalah dan PPT kelompok 4 Audio Video
7 Mahasiswa mampu memahami Komponen-komponen Kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Komponen-komponen Kurikulum a. Komponen-komponen yang membentuk sistem kurikulum
b. Keterkaitan antara komponen satu dengan yang lainnya
Diskusi
tanya Jawab
Penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya 1. Purwati, Ratna., (2023). Modul Pengembangan Kurikulum MI/SD. Cirebon : Percetakan UI Bunga Bangsa Cirebon
2. Widiantari, Dian. 2022. Manajemen Kurikulum Business Center Otomotif Di Pkbm Berlian Desa Gumulung Lebak Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Repository IAI Bunga Bangsa Cirebon.
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1P2mqEPJ0YINauMsyz90_QBPVG77uih83
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/688
3. Hamalik, Oemar. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Catatan Ujian Diskusi Materi Makalah dan PPT kelompok 5 Audio Video
8 MAMPU MEMAHAMI MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 memahami organisasi kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... KONSEP DAN JENIS ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Pola pengembangan kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Persiapan pelaksanaan kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Monitoring dan pembinaan kurikukum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Evaluasi dan perubahan Kurikulum Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Implementasi kurikulum 2013 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Memahami pengembangan kurikulum merdeka SD/MI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
17 MAMPU MENGANALISIS PERBEDAAN KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM 2013 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... KURIKULUM MERDEKA
KURIKULUM 2013
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 MINI RISET PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MI/SD Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... LAPORAN MINI RISET Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 KEGIATAN PENELITIAN DI MI/SD Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... OBSERVASI Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
20 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... MEMBUAT ARTIKEL MINI RISET DI SD/MI Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR - Naniek Kusumawati; S.Pd.; M.Pd.; Vivi Rulviana; S.Pd.; M.Pd. - CV. AE MEDIA GRAFIKA-
  2. Dasar Pengembangan Kurikulum - Abdul Majir - Deepublish-2017
  3. Pengembangan Kurikulum Jilid 2 - Ahmad Suryadi; S.Pd. - CV Jejak (Jejak Publisher)-2020
  4. PENGEMBANGAN KURIKULUM - Lismina - Uwais Inspirasi Indonesia-
  5. Konsep Pengembangan Kurikulum Membangun Sekolah Global - Dr. Dwi Sulisworo; Suranto - Alprin-2020
  6. Pengembangan Kurikulum I - Ahmad Suryadi; S.Pd. - CV Jejak (Jejak Publisher)-2020
  7. Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar - Yayah Huliatunisa - CV Jejak (Jejak Publisher)-2022






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pgmi2-Desain Kurikulum SD/MI / Elementary School Curriculum Design (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Ratna Purwati,M.Pd., Hari: Senin, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS