EFEKTIVITAS MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK A TK IT RAUDLATUL MUTA'ALIMIN DESA WARUKAWUNG KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK A TK IT RAUDLATUL MUTA'ALIMIN DESA WARUKAWUNG KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
METI ROHMAWATI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK METI ROHMAWATI.NIM. 2015.4.3.1.00388. “Efektivitas media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kolompok A di TK IT Raudlatul Muta’alimin Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon”. Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari adanya interaksi antara guru dan siswa. Keberhasilan guru memberikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi dan komunikasi antara guru dan siwa. Oleh karena itu diperlukannya metode dan media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kata bergambar di TK IT Raudlatul Muta’alimin Kecamtan Depok Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one group pre and post test deisgn. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test kemampuan membaca pemulaan kepada setiap anak di kelompok A TK IT Raudlatul Muta’alimin Kecamatan Depok kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar penilaian tes untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan sebelum menggunakan media kartu kata bergambar (X1) dan sesudah menggunakan media kartu kata bergambar (X2). Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena hanya menggunakan anak kelompok A sebagai subjek penelitian berjumlah 12 anak. Data kemampuan dianalisis menggunakan teknik analisis data dari seluruh kegiatan menganalisis dan menarik kesimpulan dari semua data yang terkumpul menggunakan lembar penilaian tes . Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan membaca permulaan sebelum menggunakan media kartu kata bergambar sebesar 62,6, dan sesudah menggunakan media kartu kata bergambar sebesar 78,08. Setelah dilakukan uji hipotesis kita ketahui bahwa t0 lebih besar dari t tabel yaitu : 2,01 d 5,50 e 3,01, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK IT Raudlatul Muta’alimin Kecamatan Depok kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan media kartu kata bergambar. Penulis merekomendasikan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata bergambar sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Media Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Media Kartu Kata Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcnF5s%2BoQVsjQ%2BK%2BTet5IlmbgcGmm8%2BGw4H9FYp6DjeZ2zNPKfGN%2BtGD%2BzHbVTVNqC34Ome57Q7SNmDFTSt4NvJVbSUg4Hbg%2FAdGqSXsLwPN33709h7BN%2BPdQuSrhf4U0Btb%2FMbrXkFxZxd4RfAbXvue5iBuWSP38mI%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap