| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x5pgmi1 |
| Nama Matakuliah | Desain Pembelajaran Akidah Akhlaq MI/SD / Faith and Morality Education Design for Elementary School |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs.SOMANTRI,M.Pd.I. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.3.9.1.00686 - ANJANI NURUL FAUZILLAH, 2021.3.9.1.00687 - ANNISA FITRIANI, 2021.3.9.1.00688 - ANNISA FAKHRIATUL ISLAMIYAH, 2021.3.9.1.00689 - AYU PURANTI, 2021.3.9.1.00690 - DHEA NURKHALIZAH JAHAROH, 2021.3.9.1.00691 - ERLINA OKTAFIYAH, 2021.3.9.1.00692 - FIDDINI ISLAMI, 2021.3.9.1.00693 - HILDA NUR AZZAHRA, 2021.3.9.1.00694 - HUSNUL KHOTIMAH, 2021.3.9.1.00695 - LAELA MAGFIROH, 2021.3.9.1.00696 - LITA NURAFIFAH, 2021.3.9.1.00697 - LOVI SUCIYATI, 2021.3.9.1.00698 - LU'LU MUJAYANAH, 2021.3.9.1.00699 - NOVA JUNAENI, 2021.3.9.1.00701 - QUROTUL AINI, 2021.3.9.1.00702 - RATIH WAHIDAH RAHMA PUTRI, 2021.3.9.1.00703 - ROIHATUL JANNAH, 2021.3.9.1.00704 - SALMA NAFISAH, 2021.3.9.1.00706 - SITI NABILA KHARISMA, 2021.3.9.1.00707 - TUTI FATIMATUL ZAHRO, 2021.3.9.1.00708 - WULAN NINDHI RELITZIA PUTRI, 23S1PGMI0047 - SHERINA EKA SUMANTRI |
Mata kuliah ini berisikan seperangkat pengetahuan tentang Mata kuliah ini memberikan bekal kemampuan mahasiswa dari penguasaan Pembelajaran dan Materi Ajar materi Aqidah Akhlak MI/SD yang nantinya akan diajarkan di Sekolah, lingkup masyarakat dan pembelajarannya sebagai bekal untuk menjadi pendidik (guru) yang profesional maupun pendamping ahli dalam bimbingan nilai aqidah maupun akhlak di lingkungan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut selain melalui ekspositori dan diskusi, mahasiswa diberikan tugas individu terkait Materi pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah dan pengembangan pengetahuan seputar keteladanan yang sudah dinash/ditamsilkan dalam Al-Qur’an. Selain itu diberikan beberapa konsep dan persiapan untuk proses kegiatan pembelajaran akidah akhlak MI/SD. Kegiatan ini dilaksanakan baik secara individu maupun kelompok dengan arahan dan bimbingan dosen pembina sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan membuat kausalitas dari setiap peristiwa sejarah. Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam, proses pembelajaran sejarah memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menggunakan berbagai sumber baik buku teks, buku referensi, dokumen, nara sumber, ataupun artefak serta memberi kesempatan yang luas untuk menghasilkan “her or his own histories”. Setiap materi dirancang sebagai kegiatan pembelajaran yang utuh dan mendalam, baik dilakukan secara kelompok atau individual. Hasil pendalaman tersebut dipaparkan di depan kelas sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang materi pembelajaran akidah akhlak MI/SD dari berbagai laporan yang disajikan oleh mahasiswa yang lain.
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan dalam memahami, menyusun, dan menganalisis sehingga mampu mempraktikkan proses pembelajaran akidah akhlak di jenjang MI/SD untuk dijadikan bekal sebagai guru yang professional.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mampu menjelaskan pengertian dan nilai-nilai akidah akhlak | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pengertian dan nilai-nilai akidah akhlak | Akhlak | diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000), Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta: PT Hidakarya Agung, 1972), Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlak (Yogyakarta: LPPI.2007 )cet IX Zainuddin dkk, Seluk Beluk Pendidikan al-Ghazali, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu memahami dan siap melaksanakan perkuliahan berdasarkan kontrak studi mata kuliah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan program perkuliahan dan materi perkuliahan | kontrak study | presentasi dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa menguasai kompetensi Inti, standard kompetensi dan kompetensi dasar matapelajaran Akidah Akhlak MI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kompetensi Inti, standard kompetensi dan kompetensi dasar matapelajaran Akidah Akhlak MI | Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, dan Materi Pokok |
Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | http://muhzil-lathifah.blogspot.co.id/2016/08/perbandingan-kurikulum-ktsp-dan-k13.html http://belajarpendidikanku.blogspot.co.id/2013/03/kompetensi-inti-samakah-dengan-standar.html Poerwati, Loeloek E. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pusta Karya. Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda karya Susilo, Joko M. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mengembangkan indikator dan materi untuk pembelajaran Akhidah Akhlak MI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan -Langkah-langkah pengembangan indikator untuk pembelajaran Akhidah Akhlak MI -Langkah-langkah pemilihan materi untuk pembelajaran Akhidah Akhlak MI |
indikator dan materi untuk pembelajaran Akhidah Akhlak MI | Presentasi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://kumparan.com/berita-update/indikator-pembelajaran-pengertian-fungsi-dan-cara-penyusunannya-1xVUTHLvDbS/full |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tulis dan kirimkan resume vide Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa merancang strategi pembelajaran Akidah Akhlak MI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Pengertian Strategi pembelajaran Akidah Akhlak MI -Langkah memilih strategi yang tepat dalam pembelajan Akidah Akhlak MI |
strategi pembelajaran Akidah Akhlak MI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-strategi/ | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Buatlah resume video Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menyiapkan media pembelajaran Akidah Akhlak MI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan : -Pengertian media pembelajaran -Jenis media yang digunakan -Macam-macam media |
Media Pembelajaran Akidah Akhlak | CTL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Arsad Azhar. 2008 . Media Pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. E. Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Nanna Sudjana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran . Bandung: Sinar Baru Algensindo. Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Pembelajaranhttp://mediapembelajaranakidah.blogspot.com/2009/10/media-pembelajaran-akhlak.html http://endonesa.wordpress.com/ajaran-pembelajaran/media-pembelajaran/ |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu merancang penilaian dalam pembelajaran Akidah Akhlak MI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penilaian dalam pembelajaran Akidah Akhlak MI | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Mengenal Rukun Islam) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Mengenal Rukun Islam) |
Penilaian dan evaluasi pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | https://wartaguru.id/cara-merancang-penilaian-dan-evaluasi-pembelajaran/2/ | |
| Catatan Ujian Diskusi :45 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Mengenal Akhlak Mahmudah) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Mengenal Akhlak Mahmudah) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 10 | UTS | Mahasiswa mampu Praktek menyelesaikan tugas UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tugas pertemuan ke 10 Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Mengenal Akhlak Madzmumah) |
Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Mengenal Akhlak Madzmumah) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Akhlak Kepada Allah dan Rasul) |
Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Akhlak Kepada Allah dan Rasul) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Akhlak Kepada Orang Tua, Guru, dan Alam) |
Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Akhlak Kepada Orang Tua, Guru, dan Alam) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Pentingnya Mencari Ilmu) |
Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Pentingnya Mencari Ilmu) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Kalimat Tayyibah Subhanallah Dan Masya Allah) | Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Kalimat Tayyibah Subhanallah Dan Masya Allah) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Pentingnya Menjaga Hubungan baik Kepada Allah dan Sesama) |
Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Materi Pentingnya Menjaga Hubungan baik Kepada Allah dan Sesama) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 "Membuat RPP 1 lembar dengan m... Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Beriman Kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT) | Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Beriman Kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membuat RPP dengan model 1 lem... Audio Video | ||||||||
| 18 | UAS | Mahasiswa mampu mengerjakan tugas UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu mempraktekkan pembelajaran Akidah Akhlak MI(Al-Alma Al-Husna) | Mahasiswa mampu Praktek melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak MI (Al-Alma Al-Husna) |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membuat RPP 1 lembar dengan ma... Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pgmi1-Desain Pembelajaran Akidah Akhlaq MI/SD / Faith and Morality Education Design for Elementary School (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Hari: Senin, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon