| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai1 |
| Nama Matakuliah | Analisis Kurikulum PAI / Analysis of Islamic Religious Education Curriculum |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Saehu Abas, M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.02960 - ANIS SITI ANNISA, 2021.1.24.1.02961 - ANNAS, 2021.1.24.1.02973 - GINA FAUZIAH, 2021.1.24.1.02978 - HASAN NURDIN, 2021.1.24.1.02985 - JOLEHA, 2021.1.24.1.02987 - JUNDI ABDUL SYAHID, 2021.1.24.1.03007 - MUHAMMAD CHABIB, 2021.1.24.1.03015 - NENENG NUR ASIYAH, 2021.1.24.1.03020 - NUR AZIZAH, 2021.1.24.1.03031 - SILVIA JULIYANTI, 2021.1.24.1.03033 - SITI KHOERUN NISA, 2021.1.24.1.03039 - SUKANDAR, 2021.1.24.1.03050 - VILIA FITRIARTI, 2021.1.24.1.03054 - ZAIN ALIMUDIN, 2021.1.24.1.03076 - PARIS BERLIANI |
Mata kuliah “Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)” merupakan ruang kajian untuk melibatkan pemahaman mendalam tentang struktur, konten, tujuan, metode pengajaran, dan evaluasi dalam program pendidikan agama Islam, baik struktur konten pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, SKI, baik pada jenjang Tingkat Dasar, Menengah maupun Atas. Analisa ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kurikulum PAI, serta merumuskan rekomendasi perbaikan yang mungkin diperlukan. Mata kuliah ini menjadi penting, sebab dengan menganalisis kurikulum PAI, mahasiswa dapat memahami struktur kurikulum PAI secara baik dan mendalam, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan efektif di masa depan. Pendapat dan masukan mereka sebagai pemangku kepentingan utama dapat membantu perbaikan kontinu dalam pendekatan pembelajaran;
1). Memiliki kemampuan dalam memahami konsep dasar kurikulum, termasuk tujuan kurikulum, komponen kurikulum, prinsip kurikulum, dan pendekatan dalam merancang dan mengembangkan kurikulum;
2). Memiliki kemampuan dalam menganalisis panduan dan kebijakan kurikulum PAI, baik kurikulum nasional maupun kurikulum sekolah, baik pada jenjang pendidikan tingkat dasar, menengah maupun atas;
3). Memiliki keterampilan dalam merancang kurikulum PAI yang sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan agama Islam, kebutuhan siswa, dan tuntutan zaman, serta terampil dalam melaksanakan kurikulum PAI pada jenjang pendidikan tingkat dasar, menengah maupun atas;
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction, Overview Materi; Pengantar Perkuliahan Analisis Kurikulum PAI, Ruang Lingkup Kajian, dan Tujuan Kajian, serta Urgensi Kajian Analisis Kurikulum PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Persamaan Persepsi dan Kemufakatan Kontrak Perkuliahan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | John P. Miler & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Sudut Pandang (Kajian Analisis... Audio Video | ||||||||
| 2 | Struktur dan Orientasi Kurikulum Kurtilas serta Kurikulum Merdeka Belajar PAI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hasanuddin, Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka Belajar | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Analisis Kurikulum PAI (Al-Qur’an Hadits) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Al-Qur’an Hadits | |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Analisis Kurikulum PAI (Fiqih) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Proyek mind mapping (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Fiqih | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Analisis Kurikulum PAI (Akidah Akhlak) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Akidah Akhlak | |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Analisis Kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Sejarah Kebudayaan Islam | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Analisis Kurikulum PAI (Al-Qur’an Hadits) Tingkat Madrasah Tsanawiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Kurikulum 2013 | |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Review Video Pembelajaran Tent... Audio Video | ||||||||
| 8 | Analisis Kurikulum PAI (Fiqih) Tingkat Madrasah Tsanawiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku Ajar Fiqih Kurikulum 2013 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Analisis Kurikulum PAI (Akidah Akhlak) Tingkat Madrasah Tsanawiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku Ajar Akidah Akhlak Kurikulum 2013 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS Activities | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Analisis Kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) Tingkat Madrasah Tsanawiyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kementerian Agama RI; Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2013 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Analisis Kurikulum PAI (Al-Qur’an Hadits) Tingkat Madrasah Aliyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Review jurnal ilmiah (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Analisis Kurikulum PAI (Fiqih) Tingkat Madrasah Aliyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Rahmat, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Analisis Kurikulum PAI (Akidah Akhlak) Tingkat Madrasah Aliyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi | |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Analisis Kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) Tingkat Madrasah Aliyah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Proyek jurnal ilmiah (Sinkron learning: luring interactive learning), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Muslikh, Pendidikan Islam di Era Merdeka Belajar Perspektif Pemikiran Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS Activities | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Review Jurnal Internasional Te... Proyek Jurnal Kolaborasi Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai1-Analisis Kurikulum PAI / Analysis of Islamic Religious Education Curriculum (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Saehu Abas, M.Pd, Hari: Senin, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon