EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X MAS LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X MAS LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X MAS LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH KOTA CIREBON
Penulis: SITI NURASIAH
Abstrak: ABSTRAK SITI NURASIAH, NIM. 2018.9.2.1.00089 : EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X MAS LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH KOTA CIREBON Skripsi ini membahas tentang efektivitas layanan bimbngan kelompok untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas X MAS Luqman Al-Hakim Hidayatullah Kota Cirebon. Dalam memilih dan merencakan karir yang akan dipilih tidak cukup hanya saran yang baik sebab mereka juga memiliki beberapa keterbatasan dalam perncanaan karirnya, untuk memahami perencanaan karir yang optimal, peserta didik hendaknya memahami tentang bakat, minat serta potensi-potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas X MAS Luqman Al-Hakim Hidayatullah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan model penelitian Quasi Eksperimental yaitu jenis penelitian eksperimen yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada subjek selidik.Teknik pengumpulan data melalui 3 tahap yaitu, observasi angket/kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh siswa kelas X MAS Luqman Al-Hakim Hidayatullah Kota Cirebon dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 24 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskripsi dan dijabarkan dengan menggunakan analisis statistik dengan penyajian tabel untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa diperoleh hasil analisis data yaitu nilai thitung= 8,873 > dari ttabel = 1,717 artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Sementara besar perbedaannya adalah sebesar 63%, di mana kemampuan siswa merencanakan karir lebih tinggi ketika diberikan layanan bimbingan kelompok dibandingkan tidak diberikan layanan bimbingan kelompok. Hasil ini menyimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa merencanakan karir disbanding tidak diberikan layanan bimbingan kelompok. Penerapan layanan bimbingan kelompok yang efektif diharapkan dapat memberikan siswa dorongan untuk lebih mandiri dalam memilih karir untuk masa depannya yang sesuai dengan diri masing-masing. Karena itu upaya bimbingan kelompok sangatlah diperlukan untuk siswa dalam merencanakan karirnya di masa depan, agar siswa tidak salah dalam mengambil keputusan dalam karir yang dipilihnya di masa depan.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci: Perencanaan Karir, Bimbingan Kelompok,MAS Luqman Al-Hakim Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1TB2hzXWtmzi6s795ImJ_8JlVeFS9c8di


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya