EFEKTIVITAS METODE GERAK DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL ISTIQOMAH KELURAHAN PASALAKAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS METODE GERAK DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL ISTIQOMAH KELURAHAN PASALAKAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author MARIYATUL QIBTIYAH
dc.contributor.editor MARIYATUL QIBTIYAH
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:34:25Z
dc.date.available 2023-06-04T11:34:25Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.4.6.1.00868
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1KwPyNSifNvrmsWStRPnn0_oaK5oQ4Q5i
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2895
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: Hafalan Asmaul Husna, Metode Gerak, Usia 5-6 Tahun. Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK MARIYATUL QIBTIYAH. NIM 2018.4.6.1.00868 : EFEKTIVITAS METODE GERAK DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL ISTIQOMAH KELURAHAN PASALAKAN KECAMTAN SUMBER KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode gerak dalam menghafal asmaul husna pada anak usia 5-6 tahun di RA Al Istiqomah Kelurahan Pasalakan Kecamatan Sumber Kaupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengahafal asmaul husna, metode yang kurang menarik, alokasi waktu yang terbatas, dan kurangnya fokus anak dalam menghafal asmaul husna. Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tiggi kemampuan menghafal asmaul husna sebelum dan sesudah menggunakan gerak pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah RA Al Istiqomah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one grup pre-test and post-test design. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, Uji prasyarat, dan Uji Paired Sample T test dengan SPSS versi 23. Kemampuan menghafal asmaul husna pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah Ra Al Istiqomah sebelum menggunakan gerak di peroleh data persentase 41,66% (cukup baik), setelah dilakukan perlakuan diperoleh data presentase sebesar 82,69% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan maka diperoleh hasil sig. 0,000 0,05 dan thitung (15,238) ettabel (2,060), maka Ho di tolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menghafal asmaul husna pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah RA Al Istiqomah sebelum dan sesudah menggunakan gerak. Dapat disimpulkan bahwa modifikasi gerak dapat meningkatkan hafalan asmaul husna pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah RA Al Istiqomah Kelurahan Paslakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.
dc.publisher Pendidikan Islam Anak Usia Dini
dc.subject Kata Kunci: Hafalan Asmaul Husna, Metode Gerak, Usia 5-6 Tahun.
dc.title EFEKTIVITAS METODE GERAK DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL ISTIQOMAH KELURAHAN PASALAKAN KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya