UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MENGENAL WARNA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MENGENAL WARNA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author TRIANA
dc.contributor.editor TRIANA
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:33:56Z
dc.date.available 2023-06-04T11:33:56Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.4.6.1.00981
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1uDXu9Z-wODLjhXpT_puBZcYTuyGavRj6
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2884
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci : Pengetahuan Sains, Eksplorasi Lingkungan, PAUD Miftahul Ulum Referensi :
dc.description.abstract TRIANA NIM. 2018.4.6.1.00981 : UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MENGENAL WARNA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM KLANGENAN KABUPATEN CIREBON Kemampuan pengetahuan sains di Kelompok B paud Miftahul Ulum Klangenan Cirebon dalam mengenal warna belum berkembang secara optimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengalaman anak dalam hal pengetahuannya mengenai lingkungan secara nyata, serta kurangnya keinginan anak untuk memecahkan masalah mengenai sains. Selanjutnya hal ini dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga peneliti menggunakan metode pembelajaran melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan agar anak lebih eksploratif dan memiliki pengalaman main yang bermakna, serta melalui pendekatan ini pula anak melakukan dan mengamati kegiatan yang dilakukannya sendiri agar menemukan sebuah hasil dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan sains anak terutama dalam mengenal warna. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat serta menggunakan metode deskriptif kualitatif yang yang digunakan untuk mengetahui kemampuan anak belajar serta untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai selama proses belajar berlangsung. Kemampuan pengetahuan sains anak dalam mengenal warna peningkatan, dari dilakukannya observasi pra siklus yang menunjukkan anak belum optimal 32%, siklus I kemampuan pengetahuan sains dalam mengenal warna lebih meningkat dari observasi pra siklus yaitu 49% dan berhenti di siklus II dengan menunjukkan hasil yang semakin meningkat dibandingkan pra siklus dan tindakan pada siklus I yaitu 70%. Pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar ini dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan sains anak dalam mengenal warna terlihat anak lebih aktif dan lebih senang ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Pengetahuan Sains, Eksplorasi Lingkungan, PAUD Miftahul Ulum
dc.publisher Pendidikan Islam Anak Usia Dini
dc.subject Kata Kunci : Pengetahuan Sains, Eksplorasi Lingkungan, PAUD Miftahul Ulum
dc.title UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MENGENAL WARNA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM KLANGENAN KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878437758_COVER TRIANA.jpg 147.2Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MENGENAL WARNA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI KELOMPOK B PAUD MIFTAHUL ULUM KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya