Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDIT AL-Hikmah Kota Cirebon
Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.advisor |
Sulkhah, M.Pd |
|
| dc.contributor.advisor |
Dr. Agus Prayitno, M.Pd. |
|
| dc.contributor.author |
SULISTIAWATI |
|
| dc.contributor.editor |
SULISTIAWATI |
|
| dc.contributor.other |
H. Ahmad Munajim, MM |
|
| dc.contributor.other |
Drs..KH. Abd. Hayyi Imam,M.Ag |
|
| dc.date.accessioned |
2022-05-11T12:55:21Z |
|
| dc.date.available |
2022-05-11T12:55:21Z |
|
| dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
| dc.date.issued |
2019-05-27 |
|
| dc.identifier |
2015.3.3.1.00205 |
|
| dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWck5bCsGLwCLb2fjazmTCCAhmhAfBlCSDq28dEQbIKWEwYEMoJCyKf%2FcCqLSeSKE0Fz1zvPF1lBH9ZnClmAXhIbG5BG9OvYnxm8EqBSt2HRzgGpbPkwlbVSpWNOfSSjL5m8roLKNe3qPosvROc8SpGnjegi1OEHj1c0%3D |
|
| dc.description |
Kata Kunci :
Pengaruh Model pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Referensi : |
|
| dc.description.abstract |
SULISTIAWATI. NIM. 2015.3.3.1.00205 : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SDIT AL-HIKMAH KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yang mungkin disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan seperti model pembelajaran yang masih monoton sehingga materi sulit untuk dipahami. Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dalam materi keberagaman suku di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui seberapa baik penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SDIT AL-Hikmah Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. 2) Untuk mengetahui seberapa baik hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di kelas IV.3) Untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDIT AL-Hikmah Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan melibatkan para siswa untuk saling berinteraksi serta berfikir bersama, setiap siswa dapat aktif dalam penguasaan materi dengan cara menggunakan nomor pada kepala masing-masing siswa sebagai identitas yang memudahkan guru untuk mengeksplor aktifitas siswa dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT AL-Hikmah yang berjumlah 285 siswa sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai variabel X dan Hasil Belajar siswa sebagai variabel Y. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata penggunaan model pembelajaran Numberd Heads Together (NHT) adalah prosentase dari ke-13 indikator sebesar 87,94% termasuk kategori kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar 0,219 berdasarkan tabel 3.7 termasuk kategori rendah. Maka peningkatan satuan satuan mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS sebesar 10,1% dan sisanya sebesar 89,9% dipengaruhi dari faktor lain diluar variabel yang digunakan. |
|
| dc.publisher |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
| dc.subject |
Pengaruh Model pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar |
|
| dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDIT AL-Hikmah Kota Cirebon |
|
| dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana