Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDIT AL-Hikmah Kota Cirebon

Publikasi Unusia

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDIT AL-Hikmah Kota Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Sulkhah, M.Pd
dc.contributor.advisor Dr. Agus Prayitno, M.Pd.
dc.contributor.author SULISTIAWATI
dc.contributor.editor SULISTIAWATI
dc.contributor.other H. Ahmad Munajim, MM
dc.contributor.other Drs..KH. Abd. Hayyi Imam,M.Ag
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:55:21Z
dc.date.available 2022-05-11T12:55:21Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-27
dc.identifier 2015.3.3.1.00205
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWck5bCsGLwCLb2fjazmTCCAhmhAfBlCSDq28dEQbIKWEwYEMoJCyKf%2FcCqLSeSKE0Fz1zvPF1lBH9ZnClmAXhIbG5BG9OvYnxm8EqBSt2HRzgGpbPkwlbVSpWNOfSSjL5m8roLKNe3qPosvROc8SpGnjegi1OEHj1c0%3D
dc.description Kata Kunci : Pengaruh Model pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar Referensi :
dc.description.abstract SULISTIAWATI. NIM. 2015.3.3.1.00205 : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SDIT AL-HIKMAH KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yang mungkin disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan seperti model pembelajaran yang masih monoton sehingga materi sulit untuk dipahami. Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dalam materi keberagaman suku di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui seberapa baik penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SDIT AL-Hikmah Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. 2) Untuk mengetahui seberapa baik hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di kelas IV.3) Untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDIT AL-Hikmah Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan pembelajaran kooperatif yang dilakukan dengan melibatkan para siswa untuk saling berinteraksi serta berfikir bersama, setiap siswa dapat aktif dalam penguasaan materi dengan cara menggunakan nomor pada kepala masing-masing siswa sebagai identitas yang memudahkan guru untuk mengeksplor aktifitas siswa dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT AL-Hikmah yang berjumlah 285 siswa sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai variabel X dan Hasil Belajar siswa sebagai variabel Y. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata penggunaan model pembelajaran Numberd Heads Together (NHT) adalah prosentase dari ke-13 indikator sebesar 87,94% termasuk kategori kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar 0,219 berdasarkan tabel 3.7 termasuk kategori rendah. Maka peningkatan satuan satuan mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS sebesar 10,1% dan sisanya sebesar 89,9% dipengaruhi dari faktor lain diluar variabel yang digunakan.
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Pengaruh Model pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDIT AL-Hikmah Kota Cirebon
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273721713_SKRIPSI ULLE piks.pdf 1.674Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273722798_COVER.docx 24.95Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDIT AL-Hikmah Kota Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya