Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami penilaian tindakan kelas pada anak kelompok A di TK AL HUSNA kec pabedilan kab Cirebon.

Publikasi Unusia

Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami penilaian tindakan kelas pada anak kelompok A di TK AL HUSNA kec pabedilan kab Cirebon.

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author IIP AFIFAH
dc.contributor.editor IIP AFIFAH
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:33:32Z
dc.date.available 2023-06-04T11:33:32Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.4.6.1.00838
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1u75iur9uzPoS6T5GPinzNpAVModBugl2
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2871
dc.description Kata Kunci : Referensi :
dc.description.abstract IIP AFIFAH (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok A Di TK Al Husna Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Al Husna Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Masih banyak anak yang belum terampil dalam menggunakan gunting secara baik dan benar. Rendahnya kemampuan motorik halus pada anak dikarenakan guru kurang memberikan stimulus terhadap perkembangan motorik anak, keterbatasan media dan kurang tepatnya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui melipat kertas origami. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Al Husna dengan subyek penelitian siswa kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian adalah format observasi kinerja guru dan format observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa s Hasil analisis dari pelaksanaan pembelajaran pada siklus III yaitu dari jumlah 15 anak, terdapat 0 anak atau 0% yang Belum Berkembang (BB) dalam kegiatan motorik halus , 1 anak atau 7% sudah Mulai Berkembang (MB), 2 anak atau 13% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan terdapat 12 anak atau 80% anak yang Berkembang Sangat Baik (BSB) sehingga secara keseluruhan mencapai 207 skor atau 86% dan disimpulkan kemampuan motorik halus pada anak telah berhasil ditingkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dilakukan dan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Al Husna Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon dapat ditingkatkan melalui kegiatan melipat kertas origami.
dc.publisher Pendidikan Islam Anak Usia Dini
dc.subject
dc.title Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami penilaian tindakan kelas pada anak kelompok A di TK AL HUSNA kec pabedilan kab Cirebon.
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya