EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author HIKMAH AULIYAH
dc.contributor.editor HIKMAH AULIYAH
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:32:20Z
dc.date.available 2023-06-04T11:32:20Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.3.6.1.00470
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1dLXdVcJ_7K2v6gqADLA7DPAOEYKUIL0q
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2866
dc.description Kata Kunci : Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, IPA Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK Hikmah Auliyah, NIM. 2018.3.6.1.00470 : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Kajiaannya dilatar belakangi oleh kejenuhan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu menjadi sebuah hambatan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan media gambar di kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis yang digunakan penelitian ini adalah desain penelitian eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan One-group Pretest-Posttest Research Design. Karena One-group Pretest-Posttest Research Design maka populasi dan sampel penelitian ini sama, yaitu kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) hasil belajar sebelum diberi perlakuan (pretest) adalah 68 %, 2) hasil belajar sesudah diberi perlakuan (posttest) adalah 72 %. Perbedaan hasil belajar sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest) adalah 4 %. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh t hitung setelah disandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % dan df sebanyak 28, ternyata t hitung lebih besar dari t tabel (4,397 > 2,048), maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pretest dan possttest kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa media gambar efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, IPA
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878340700_cover.jpg 215.5Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya