EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.author |
HIKMAH AULIYAH |
|
| dc.contributor.editor |
HIKMAH AULIYAH |
|
| dc.date.accessioned |
2023-06-04T11:32:20Z |
|
| dc.date.available |
2023-06-04T11:32:20Z |
|
| dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
| dc.identifier |
2018.3.6.1.00470 |
|
| dc.identifier.uri |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1dLXdVcJ_7K2v6gqADLA7DPAOEYKUIL0q |
|
| dc.identifier.uri |
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2866 |
|
| dc.description |
Kata Kunci :
Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, IPA
Referensi : |
|
| dc.description.abstract |
ABSTRAK Hikmah Auliyah, NIM. 2018.3.6.1.00470 : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Kajiaannya dilatar belakangi oleh kejenuhan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu menjadi sebuah hambatan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan media gambar di kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis yang digunakan penelitian ini adalah desain penelitian eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan One-group Pretest-Posttest Research Design. Karena One-group Pretest-Posttest Research Design maka populasi dan sampel penelitian ini sama, yaitu kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) hasil belajar sebelum diberi perlakuan (pretest) adalah 68 %, 2) hasil belajar sesudah diberi perlakuan (posttest) adalah 72 %. Perbedaan hasil belajar sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest) adalah 4 %. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh t hitung setelah disandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % dan df sebanyak 28, ternyata t hitung lebih besar dari t tabel (4,397 > 2,048), maka terdapat perbedaan yang signifikan pada pretest dan possttest kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa media gambar efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV MI Al Huda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. |
|
| dc.publisher |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
| dc.subject |
Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, IPA |
|
| dc.title |
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON |
|
| dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
|
1685878340700_cover.jpg
|
215.5Kb |
image/jpeg |
Lihat / Buka
|
Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI AL HUDA KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON |
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana