EFEKTIVITAS METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDIT AL-HIKMAH PERSIS 187 KOTA CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDIT AL-HIKMAH PERSIS 187 KOTA CIREBON |
Penulis:
|
AINUN HOLIYANI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK AINUN HOLIYANI. NIM. 2015.3.3.1.00218 EFEKTIVITAS METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDIT AL-HIKMAH PERSIS 187 KOTA CIREBON Skripsi ini membahas efektivitas pelaksanaan metode pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDIT Al-Hikmah Persis 187 Kota Cirebon tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang belum mampu menguasai perkalian. Pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa menjadi salah satu faktor kurangnya pemahaman dalam belajar yang menghambat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektifan pelaksanaan metode pembelajaran jarimatika terhadap hasil belajar matematika kelas III di SDIT Al-Hikmah Persis 187 Kota Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan subyek kelas III sebagai populasi yang berjumlah 50 siswa, maka peneliti menggunakan sampel jenuh dalam penelitiannya. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis skor ideal dan uji prasyarat menggunakan SPSS 25.0. Selanjutnya, untuk uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, ditemukan hasil untuk uji normalitas dengan Asymp. Sig (2-tailed). Nilai sig. Kelas eksperimen 0,002 0,05, nilai Sig. Kelas kontrol 0,033 0,05. Karena nilai Sig. 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi tidak normal. Sedangkan untuk uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai (Sig) dari hasil belajar siswa 0,729 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data bersifat homogen. Karena salah satu uji prasyarat tidak memenuhi maka dilakukan uji non parametrik dengan uji Mann Whitney. Yang diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,003 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Penerapan metode pembelajaran jarimatika diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah. Penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukkan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SDIT Al-Hikmah Persis 187 Kota Cirebon, dan memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih giat dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata kunci. Metode Jarimatika. Hasil Belajar. Matematika
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclO28l2BTBXD%2BxHYng9MkM7KeryixhgN%2FT7Ud5d7Ej5kN4Wj0CrGRQW7b0JCYhB07CXCNFLovKyuBN1rAfyUKOZ1zE5vaJbPSo9BGFF1QGO9Ed9z0CGsa4qz0rD97FiT4WeGtlf7ax0GB%2FG51Euy%2F0JGZWcSjbb4iA%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap