Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika kelas 3 di sdit asyafi'iyah karangmekar

Publikasi Unusia

Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika kelas 3 di sdit asyafi'iyah karangmekar

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika kelas 3 di sdit asyafi'iyah karangmekar
Penulis: YULFAH NOVITA SARI
Abstrak: ABSTRAK YULFAH NOVITA SARI. NIM. 2018.3.6.1.00537: “PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDIT ASYA-FI’IYAH KARANGMEKAR” Skripsi ini membahas pengaruh metode drill terhadap hasil belajar matematika kelas III SDIT Asya-fi’iyah Karangmekar Tahun Pelajaran 2022-2023. Peneliti ini dilatar belakangi oleh masalah pokok yaitu rendahnya minat rendahnya peserta didik terhadap hasil belajar dan proses pembelajaranya yang tidak kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui seberapa tinggi hasil belajar matematika siswa kelas III SDIT Asy-syafi’iyah setelah menggunakan Metode Drill. Penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penenlitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang metode drill (X) terhadap hasil belajar (Y). penelitian ini merupakan penelitian sampel, karena mengambil seluruh siswa kelas III di SDIT Asy-syafi’iyah dengan jumlah subyek sebanyak 17 siswa. Data yang terkumpul kemudian menggunakan analisis random sampling. Setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan nilai tes Y. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisis serta disimpulkan hasil penelitian menyebutkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sedang (0,367) dan signifikan, anatara metode drill terhadap hasil belajat siswa kelas 3, artinya metode drill berpengaruh positif dan signifikan mengukur hasil belajar siswa. Penerapan metode drill diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi peserta didik disekolah. Penelitian ini diharapkan peserta didik akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan mengajar disekolah khususnya di SDIT ASY-Sya’i'iyah.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci: drill, hasil belajar, matematika Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1lif62rMogS1OcXLIZoNodAiRRhPBMq5F
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2859


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya