PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI ASSALAFIYAH KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
|
Judul:
|
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI ASSALAFIYAH KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON |
|
Penulis:
|
ASHIMATUL LAYALI
|
|
Abstrak:
|
ABSTRAK ASHIMATUL LAYALI. NIM: 2015.3.3.1.00169 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI ASSALAFIYAH KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON Penelitian ini mengacu pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, hal ini disebabkan karena sebagian siswa menganggap bahwa mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang sangat membosankan dan kurang menarik. Selain itu, penggunaan metode dan model yang monoton sehingga hasil belajar siswa relatif rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Assalafiyah Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode angket dan dokumentasi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan angket. Sampel yang digunakan adalah 39 responden (100% dari 39 siswa). Adapun teknik pengambilan sampelnya secara random dan untuk menganalisis datanya menggunakan korelasi Pearson Product Moment (PPM). Kesimpulan dari penelitian diketahui bahwa nilai hasil angket model pembelajaran Make A Match yaitu sebesar 58,3% artinya cukup. Begitu pula dengan hasil belajar siswanya tergolong dalam kategori “sangat tinggi”. Hasil uji korelasi PPM dengan nilai r sebesar 0,467 tergolong cukup kuat. Perhitungan KD variabel X terhadap variabel Y adalah 3,190. Berdasarkan hasil pada uji normalitas, data variabel X dengan tingkat kepercayaan 0,05 diperoleh x2hitung(86,1058) d x2tabel(11,070) artinya berdistribusi normal dan pada variabel Y diperoleh x2hitung(68,8518) d x2tabel(11,070) artinya data pada variabel Y berdistribusi normal. Dilanjutkan dengan uji linieritas data, maka jika diketahui thitung(3,190) e ttabel(1,895) yang artinya signifikan atau Ho ditolak. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Assalafiyah Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. |
|
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Make A Match
Referensi : |
|
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclIYR1miijIK%2BhA%2F4RLsMCceUHp9zHP265HwC1P%2Fmu56fVSkRVsioZAr8NJ7cqEgBXxzfdMSNVtvhaNewnhxSKphO32yMmerA%2FfooMmNoPVUzwQvrL6QGVau0DZr7JbyTG%2F77S5afnprEEa0G%2Bm3UVRALziFBpe4hY%3D
|
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap