IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMAHAMI ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR’AN (TTQ)

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMAHAMI ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR’AN (TTQ)

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author EUIS WINDA LESTARI
dc.contributor.editor EUIS WINDA LESTARI
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:26:06Z
dc.date.available 2023-06-04T11:26:06Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.1.21.1.02472
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1BIwz4VNBt-SlThR8JC5FDYxdkNFhihd5
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2824
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Index Card Match, pembelajaran Tajwid Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK EUIS WINDA LESTARI. NIM. 2018.1.21.1.02472 : IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMAHAMI ILMU TAJWID PADA PELAJARAN TAHSIN TAHFIDZ AL-QURAN (TTQ) Skripsi ini membahas pengaruh implementasi metode pembelajaran index card match dalam memahami ilmu tajwid pada pelajaran Tahsin Tahfidz Al Quran (TTQ) siswa kelas V MI Plus Ar Ruhama Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses belajar mengajar di MI Plus Ar-Ruhama Kelas V pelajaran Tahsin Tahfidz Al-Quran masih bersifat satu arah. Ditemukan banyak peserta didik yang belum konsentrasi pada materi pelajaran yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh implementasi metode pembelajaran index card match dala memahami ilmu tajwid pada pelajaran Tahsin Tahfidz Al-Quran (TTQ) siswa kelas V MI Plus Ar-ruhama. Penelitian ini merupakan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi terhadap proses pembelajaran, membuat catatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi, dan merekapitulasi nilai yang diperoleh siswa dari tes pada setiap akhir siklus. Rumus yang di gunakan yaitu P = f/N x 100 %. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh implementasi metode pembelajaran index card match dalam memahami ilmu tajwid pada pelajaran Tahsin Tahfidz Al-Quran (TTQ) siswa kelas V MI Plus Ar Ruhama sangat signifikan dibuktikan dengan meningkatnya persentasi ketercapaian hasil post test siklus I sebesar 58.3% dan hasil post test siklus II sebesar 83.3%. Setelah sebelumnya diketahui dari hasil pretest bahwa tingkat pemahaman ilmu tajwid siswa hanya sebesar 33.3% Implementasi metode pembelajaran index card match diharapkan dapat memberikan peningkatan kemampuan pemahaman ilmu tajwid bagi siswa kelas V MI Plus Ar Ruhama
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Index Card Match, pembelajaran Tajwid
dc.title IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MEMAHAMI ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR’AN (TTQ)
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya