Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MI INTEGRAL AL HIDAYAH SENDANG KABUPATEN CIREBON |
Penulis: | ASEP RAMADAN |
Abstrak: | ASEP RAMADAN. 2018.1.21.1.02464. STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MI INTEGRAL ALHIDAYAH SENDANG KABUPATEN CIREBON MI Integral Al-Hidayah Sendang Kabupaten Cirebon merupakan salah satu lembanga pendidikan yang selalu berusaha dan terus meningkatkan mutu pendidikan serta sumber daya manusia yang berkualitas. Agar tenaga pendidik lebih berkualitas maka diperlukan berbagai upaya untuk peningkatan profesionalisme guru. Strategi peningkatan kualitas dan pengembangan profesionalisme guru Agama Islam di MI Integral Al-Hidayah Sendang Kabupaten Cirebon tidak hanya bersifat formal saja, antara lain guru mengikuti seminar, pelatihan dan sebagainya. Peningkatan juga bersifat informal, yang mana guru Agama Islam berdiskusi dan bertukar pikiran tentang bagaiman metode dan strategi dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi pengembangan profesionalisme guru Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Integral Al-Hidayah Sendang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di MI Integral AlHidayah Sendang Kabupaten Cirebon, pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisi data menggunakan proses analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Strategi pengembangan profesionalisme guru Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran diterapkan melalui pembuatan perencanaan, pelaksanaan program dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dari program srtategi pengembangan profesionalisme guru. Upaya guru Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran di terlaksana dalam bentuk membuat RPPH terlebih dahulu sebelum mengajar, mengupayakan siswa aktif dalam proses belajar mengajar, melakukan pengelolaan kelas secara maksimal dan semampu yang dimiliki oleh guru, memberikan bimbingan secara terpadu kepada setiap siswa yang memerlukan bantuan dan melakukan interaksi dalam belajar yang dibangun dengan interaksi dua arah antara guru dan siswa. Faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan profesionalisme guru Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran di terdiri dari faktor pendukung adalah adanya kerjasama antara guru dan orang tua siswa dan alat peraga pembelajaran yang memadai dan faktor penghambat adalah kurangnya kemampuan guru dalam menguasai metode pembelajaran dan kurangnya minat belajar siswa. Strategi pengembangan profesionalisme guru yang diterapkan di MI Integral Al-Hidayah Sendang Kabupaten Cirebon mengacu pada konsep pengembangan mutu pendidikan dan pembelajaran. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Referensi : |
URI: | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1pW6ZC2mHfprpbfrVah9_nsTZeU0b1Tda |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |