Pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna Indramayu

Publikasi Unusia

Pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna Indramayu

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author TIARA FAUZIAH
dc.contributor.editor TIARA FAUZIAH
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:25:55Z
dc.date.available 2023-06-04T11:25:55Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.1.21.1.02568
dc.identifier.citation Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ioc9N8DuuwI7flHm6PwVNMDvkhQWrke7
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2820
dc.description Kata Kunci : Pengaruh, Index Card Match, Hasil Belajar Referensi : Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang terlalu monoton disetiap mata pelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Sehingga membuat sebagian siswa merasa cepat jenuh dan lelah karena kurang adanya kreatfitas dalam metode pengajaran yang dilakukan. Pembelajaran menggunakan metode index card match ini merupakan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan akan ketersediaan sumber belajar yang variatif dan efektif untuk hasil belajar siswa. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna, Indramayu Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan melalui jenis penelitian eksperimen, dengan desain penelitian asosiatif kausalitas. Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada sampel sebanyak 19 siswa dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Metode pembelajaran index card match berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai persentase sebesar 82,68%.. berada pada interval 80,00%-100% dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar Akidah Akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data diperoleh nilai persentase sebesar 90,98%berada pada interval 80,00%-100% dengan kategori sangat baik. 3) Pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna memiliki pengaruh sebesar 15,4% sedangkan sisanya sebesar 84,6 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hipotesis penelitian didapatkan nilai thitung = 1,758 > ttabel = 1,749 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (metode pembelajaran index card match) terhadap variabel Y (hasil belajar akidah-akhlak kelas V). Kesimpulannya penggunaan metode pembelajaran index card match berhasil meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna Indramayu.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pengaruh, Index Card Match, Hasil Belajar
dc.title Pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna Indramayu
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685877956417_CamScanner 08-02-2022 12.43_8.jpg 78.31Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V di MIS PUI Sukaperna Indramayu

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya