STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X MA KAPETAKAN CIREBON

Publikasi Unusia

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X MA KAPETAKAN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author PUPUT SAPUTRI
dc.contributor.editor PUPUT SAPUTRI
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:25:01Z
dc.date.available 2023-06-04T11:25:01Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.1.21.1.02540
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1pspahfAqQAG-aNlA25h6THr1ZJk4IzPA
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2793
dc.description Kata Kunci : Kata kunci: strategi guru, karakter tanggung jawab,pandemic covid-19 Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK PUPUT SAPUTRI NIM. 2018.1.21.1.02540: STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK DI KELAS X MA KAPETAKAN CIREBON Dasar dilakukannya penelitian ini adalah begitu pentingnya sebuah starategi baru yang dilakukan oleh seorang guru guna mengembangkan karakter tanggung jawab peserta didik yang semakin pudar selama masa pandemic covid-19 melanda. Telat mengumpulkan tugas, kurang focus dalam belajar, kurang aktif dalam diskusi menjadi problem yang sering dijumpai guru ketika mengajar di kelas X MA Kapetakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dikembangkan guru di MA Kapetakan dalam mengembangbangkan karakter tanggung jawab peserta didik di madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam Menyusun peneltiaian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi (studi lapangan), interview atau wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Kemuaidan hasil penelitian ini dipaparkan dalam bentuk deksirpsi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, kondisi karakter tanggung jawab peserta didik MA Kapetakan Cirebon setelah masa pandemic covid-19 mengalami degradasi, untuk menangani kondisi tersebut maka perlu dilakukannya strategi baru yang dinilai mampu mengatasi kasus tersebut. Kedua, strategi yang dirancang guru terbagi menjadi dua system yaitu luring dan daring, saat luring strategi yang diterapkan adalah: pemberian keteladanan, reword dan funishment, kegiatan rutin, sedangkan ketika daring strategi yang digunakan adalah: pemberian lembar cheklis karakter dan portofolio. Ketiga, factor pendukung diantaranya: visi-misi sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter, sinergisitas seluruh guru terhadap nilai-nilai karakter, sarana-prasarana yang memadai, serta tersedianya media pembelajaran yang baik. Adapun factor penghambat diantaranya: kurang maksimalnya guru dalam membina karakter peserta didik, serta evaluasi yang masih terfokus pada pengukuran semata.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject Kata kunci: strategi guru, karakter tanggung jawab,pandemic covid-19
dc.title STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X MA KAPETAKAN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya