IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X MM SMK N 1 KEDAWUNG CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X MM SMK N 1 KEDAWUNG CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X MM SMK N 1 KEDAWUNG CIREBON
Penulis: MUH. AMIN NURDIN
Abstrak: Literasi digital merupakan salah satu literasi dasar yang saat ini telah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai sumber mencari referensi, mengidentifikasi, mengakses, mengevaluasi, dan menggabungkan informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kedawung (2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang implementasi literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Kedawung (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Kedawung Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendeskripsikan implementasi literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penjamin keabsahan data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam antara lain untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan media digital sebagai sarana dalam pembelajaran. (2) Literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Kedawung meliputi penguatan karakter dan tanggung jawab dalam menggunakan media digital sebagai sarana pembelajaran, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Kedawung antara lain, adanya dukungan yang penuh dari sekolah seperti pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana berbasis digital adapun faktor penghambatnya adalah minimnya kuota yang dimiliki peserta didik, kurangnya disiplin peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi literasi digital di SMKN 1 Kedawung diterapkan untuk meningkatkan mutu Pendidikan agar dapat menciptakan suasana belajar yang baik dan dapat mendorong kemampuan serta kreativitas peserta didik secara maksimal.
Deskripsi: Kata Kunci : Implementasi, Literasi Digital, Pembelajaran PAI Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1WT3kJC1yJ5wgvmKKbm_A3RZYJncPCWVG
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/2781


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya