Efektivitas metode pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Ips di MI Al-Izzah Ciledug tengah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas metode pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Ips di MI Al-Izzah Ciledug tengah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
WAHYUNI
|
Abstrak:
|
v ABSTRAK WAHYUNI. NIM. 2014.2.2.00115 EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI AL-IZZAH CILEDUGTENGAH KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan daya ingat siswa dalam pembelajaran IPS pada kelas V yang cenderung rendah. Hal ini terjadi karena siswa sering cepat lupa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga daya ingat siswa pun menjadi menurun. Agar dapat meningkatkan daya ingat yang baik, pendidik harus dapat memilih metode dan media belajar yang sesuai dengan bahan ajar yang disampaikan, sehingga siswa akan dapat belajar dengan mudah dan dapat mencapai hasil optimal. Metode yang digunakan oleh guru salah satunya adalah metode pembelajaran crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran metode crossword puzzle di kelas V MI Al-Izzah Ciledugtengah, untuk mendeskripsikan hasil kemampuan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Al- Izzah Ciledugtengah serta untuk mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Al-Izzah Ciledugtengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode experimen, adapun lokasi penelitiannya dilakukan di MI Al-Izzah Ciledugtengah, dengan sampling jenuh semua anggota di kelas V sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji staistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis) dan uji Z. Berdasarkan analisis data dengan kriteria skor ideal didapatkan variabel X1 berada pada kondisi data yang normal yaitu X2 hitung (-34,7491416416) d X2 tabel (9,488) begitu pula pada uji normalitas variabel X2 yaitu x 2 hitung (- 38,5772577481) d x 2 tabel (9,488) diperoleh data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas antara variabel X1 dan X2 didapat Fhitung (1,13) Ftabel (2,12) artinya data bersifat homogen. Sedangkan pada pengujian Hipotesis didapat thitung(5,02) > ttabel(2,021) sehingga Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan daya ingat siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Al-Izzah Ciledugtengah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Berdasarkan temuan di atas implikasinya bahwa penggunaan metode pembelajaran crossword puzzle dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Efektivitas, crossword puzzle, daya ingat. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Efektivitas, Crossword puzzle, daya ingat
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcnjA7bg4YdGxWano%2BErfNYTO0m43Gae%2BPFNnk6cWZpOG%2F7tITrt25HV%2F69L%2BiTBXCzASHljPm9GPypmNxDvStq2NTGAbk2N1xcH4j5X3bS9wGbTLQMvAUr8fFxzYYFgrlponziVXzN1UwRoDyulzWCj%2FrjEqUJboaY%3D
|
Tanggal:
|
2018-10-25 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap