Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prilaku Islami Siswa di SMP Al-Shighor Gedongan Kelas VII A
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prilaku Islami Siswa di SMP Al-Shighor Gedongan Kelas VII A |
Penulis:
|
M. SIROJUDDIN
|
Abstrak:
|
ABSTRAK M. SIROJUDDIN , NIM. 2015.1.18.1.02088, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMP AL-SHIGHOR Gedongan kelas VII a ” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa. Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan? (2) Bagaimana peran Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan? (3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) mengetahui peran Guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan, (2) mengetahui peran Guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan, (3) mengetahui peran Guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami sehari-hari melalui pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), selain itu fasilitas keagamaan seperti masjid dan perpustakaan Islam serta ekstra kurlikuler keagamaan seperti GQ, hadrah, dan kajian Islam digunakan guru PAI untuk memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku Islami siswa. Peran guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan sebagai berikut: selalu berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan feedback yang baik pula dalam kehidupan sehari-hari, memberikan contoh nyata pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, setelah itu berdoa secara bersama-sama. Peran guru PAI sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Al-Shighor Gedongan yaitu dengan memberikan evaluasi secara menyeluruh. Kata kunci: Peran, Guru PAI, Perilaku Islami |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Peran, Guru PAI, Perilaku Islami
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWckrrjU%2B2eSpOAQIFy3pwfrrWOhR2KejhfsCc%2Bb8a1MOE8sfgLetyg9vPyePV27gY5%2FpxxCr8z5%2FUwnol9S9eXTvHlh48eFXl28pXeosXlhkP2SMC0qEcBnuZzOIx8DHDKwrCs0dTP7mxIOGyS0p5C%2FcoQpzJBLygjQ%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap