TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LAYANAN PURNA JUAL PRODUK ELEKTRONIK (STUDI KASUS DI SHARP SERVICE CENTER CABANG CIREBON)

Publikasi Unusia

TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LAYANAN PURNA JUAL PRODUK ELEKTRONIK (STUDI KASUS DI SHARP SERVICE CENTER CABANG CIREBON)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LAYANAN PURNA JUAL PRODUK ELEKTRONIK (STUDI KASUS DI SHARP SERVICE CENTER CABANG CIREBON)
Penulis: NUROHMAN
Abstrak: ABSTRAK NUROHMAN, NIM. 2014.1.3.00247 TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LAYANAN PURNA JUAL PRODUK ELEKTRONIK (STUDI KASUS DI SHARP SERVICE CENTER CABANG CIREBON) Persaingan perdagangan di era globalisasi dan kemajuan teknologi ini sangat terbuka. Perusahaan produk elektronik bersaing untuk menarik minat konsumen membeli produk yang ditawarkan dan meningkatkan penjualan. Beraneka ragamnya merk dagang menuntut konsumen selektif memilih produk. Setiap produk elektronik pasti akan mengalami masalah maka dibutuhkan layanan purna jual yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Islam mengajarkan etika bisnis yang harus ditaati sehingga mendapatkan hasil yang halal dan tidak merugikan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan purna jual produk elektronik di Sharp Service Center Cirebon, mengetahui tinjauan etika bisnis Islam terhadap layanan purna jual dan mengetahui faktor-faktor penghambat layanan purna jual produk elektronik di Sharp Service Center Cirebon. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian adalah deskriptif analitik. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sharp Service Center cabang Cirebon memberikan pelayanan purna jual terbaik untuk konsumen yang telah menggunakan produk Sharp. Pelayanan yang ramah, cepat, nyaman dan hasil perbaikan yang berkualitas selalu diupayakan untuk semua pengguna produk Sharp. Sharp Service Center melayani perbaikan produk elektronik Sharp yang bergaransi dan tidak bergaransi dengan jenis program pelayanan yaitu layanan kunjungan ke rumah (in home service) dan layanan perbaikan di Service Center (carry in service). Pelayanan purna jual Sharp Service Center Cirebon menerapkan etika bisnis dalam Islam. PT. Sharp Electronics Indonesia melaksanakan tanggung jawab terhadap konsumen dengan semboyan kejujuran dan daya cipta Sharp Service Center memberikan layanan berkualitas dan pelayanan prima (service excellence). Sharp memberikan jaminan atau garansi terhadap semua produk elektronik yang dipasarkan. Pemberian garansi merupakan bentuk praktek jual beli dalam Islam yaitu khiyar. Hambatan dalam pelayanan purna jual produk elektronik di Sharp service center Cirebon diantaranya faktor informasi, ketersedian suku cadang, sumber daya manusia, dan kelalaian konsumen. Diharapkan Sharp terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen sehingga dapat terus bersaing dengan merk dagang lain.
Deskripsi: Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Layanan Purna Jual, Produk Elektronik Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmc5y0YSDJ9W4QZq8%2FRpm3%2B7%2FsEc0cP1GUooN7cyD1DZWz9ISOsmD7xxXB3uA%2F6YX16BDcjeneF8RNZJbRyYOh%2FdCkqWZnQtFBYBpSKTa%2FhnM2aEdKwueNmkHt4LGfKnjvJYuYi5h9c9I%2BG1z32r578ui8TDLIyCTk%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273684923_S ... man NIM 2014.1.3.00247.pdf 630.5Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273685449_Cover Skripsi.jpg 244.9Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LAYANAN PURNA JUAL PRODUK ELEKTRONIK (STUDI KASUS DI SHARP SERVICE CENTER CABANG CIREBON)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya