“EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”.

Publikasi Unusia

“EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”.

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Hajjin Mabrur, M.S.I
dc.contributor.advisor Agus Dian Alirahman, M.Pd.I
dc.contributor.author NURHAYATI
dc.contributor.editor NURHAYATI
dc.contributor.other Ratna Purwati,M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:54:42Z
dc.date.available 2022-05-11T12:54:42Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-28
dc.identifier 2014.2.2.00094
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl1H35MTle8uwV%2FCqAQ30095sC2RhXRklTCoOFvedOxLM2YZLr3xw%2F28cIQOtPQ5%2Blp0QX36dRQG8VY10tgjPfh9DMOBn%2FBgEur%2FNNI0YwodhTDyaZ%2BBeq4DQyB7n1tkVzkAFXDJmlY1l7nUjqZUx138Ns%2FBlfS164%3D
dc.description Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Role Playing. Referensi :
dc.description.abstract Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu kerterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SD Negeri 1 Banjarwangunan yang hanya menekankan pada transfer ilmu, belum menerapkan keempat aspek keterampilan berbahasa khususnya keterampilan berbicara, salah satu penyebabnya adalah dalam proses belajar mengajar anak belum mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan tata bahasa. Karena itu upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan metode role playing. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 1 Banjarwangunan sebelum diterapkan metode role playing, 2) untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 1 Banjarwangunan sesudah diterapkan metode role playing, 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan metode role playing dan tanpa penggunaan metode role playing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 orang, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa 1) keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sebelum diterapkan metode role playing nilai rata-rata adalah 22,5. Berdasarkan hasil perhitungan skor ideal maka hasil nilai seluruh siswa termasuk kategori sedang. 2) keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sesudah diterapkan metode role playing nilai rata-rata adalah 32,68. Berdasarkan hasil perhitungan skor ideal maka hasil nilai seluruh siswa termasuk kategori tinggi, 3) perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Role Playing terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes prestasi belajar pada siswa di kelas V SD Negeri 1 Banjarwangunan Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan metode Role Playing pada taraf 5%. Menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 13,95 > 1,67 maka hipotesis diterima dengan kata lain bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah menggunakan metode Role Playing .
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Keterampilan Berbicara, Role Playing.
dc.title “EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”.
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273683009_s ... (Autosaved)_compressed.pdf 1.199Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273684058_IMG_20190614_115038.JPG 48.68Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis “EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya