“EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”.
Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor |
Hajjin Mabrur, M.S.I |
|
dc.contributor.advisor |
Agus Dian Alirahman, M.Pd.I |
|
dc.contributor.author |
NURHAYATI |
|
dc.contributor.editor |
NURHAYATI |
|
dc.contributor.other |
Ratna Purwati,M.Pd. |
|
dc.contributor.other |
Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil. |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-11T12:54:42Z |
|
dc.date.available |
2022-05-11T12:54:42Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2019-05-28 |
|
dc.identifier |
2014.2.2.00094 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl1H35MTle8uwV%2FCqAQ30095sC2RhXRklTCoOFvedOxLM2YZLr3xw%2F28cIQOtPQ5%2Blp0QX36dRQG8VY10tgjPfh9DMOBn%2FBgEur%2FNNI0YwodhTDyaZ%2BBeq4DQyB7n1tkVzkAFXDJmlY1l7nUjqZUx138Ns%2FBlfS164%3D |
|
dc.description |
Kata Kunci :
Keterampilan Berbicara, Role Playing.
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu kerterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SD Negeri 1 Banjarwangunan yang hanya menekankan pada transfer ilmu, belum menerapkan keempat aspek keterampilan berbahasa khususnya keterampilan berbicara, salah satu penyebabnya adalah dalam proses belajar mengajar anak belum mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan tata bahasa. Karena itu upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan metode role playing. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 1 Banjarwangunan sebelum diterapkan metode role playing, 2) untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 1 Banjarwangunan sesudah diterapkan metode role playing, 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan metode role playing dan tanpa penggunaan metode role playing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 35 orang, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa 1) keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sebelum diterapkan metode role playing nilai rata-rata adalah 22,5. Berdasarkan hasil perhitungan skor ideal maka hasil nilai seluruh siswa termasuk kategori sedang. 2) keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sesudah diterapkan metode role playing nilai rata-rata adalah 32,68. Berdasarkan hasil perhitungan skor ideal maka hasil nilai seluruh siswa termasuk kategori tinggi, 3) perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Role Playing terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes prestasi belajar pada siswa di kelas V SD Negeri 1 Banjarwangunan Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan metode Role Playing pada taraf 5%. Menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 13,95 > 1,67 maka hipotesis diterima dengan kata lain bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah menggunakan metode Role Playing . |
|
dc.publisher |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
dc.subject |
Keterampilan Berbicara, Role Playing. |
|
dc.title |
“EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 1 BANJARWANGUNAN KABUPATEN CIREBON”. |
|
dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana