Implementasi Pendidikan Hormat dan Santun dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Al-Hidayah Desa Luwungkencana Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Implementasi Pendidikan Hormat dan Santun dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Al-Hidayah Desa Luwungkencana Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Implementasi Pendidikan Hormat dan Santun dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Al-Hidayah Desa Luwungkencana Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon
Penulis: JAMILAH
Abstrak: ABSTRAKSI Jamilah,2018. Implementasi Pendidikan Karakter Hormat dan Santun di TK Al-Hidayah Desa Luwungkencana Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program S1 PIAUD Fakultas Tarbiya IAI Bunga Bangsa Cirebon.Pembimbing (1) Drs. Ahmad Abdul Khozim M.A, M.Pd Pembimbing (2) Ahmad Fadholi, Lc. M.H.I Implementasi Pendidikan Karakter Hormat dan Santun di TK Al-Hidayah Desa Luwungkencana Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon adalah penelitian dalam memotret upaya lembaga TK dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki karakter dan dapat hidup mandiri. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi permasalahan dalam kajian ini adalah apakah pendidikan hormat dan santun sebagai pembentukan karakter dapat mewujudkan akhlak mulia? Dari rumusan masalah tersebut, tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan hormat dan santun sebagai pembentukan karakter anak Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengurus lembaa, kepala sekolah, guru dan peserta didik di TK Al-Hidayah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penerapan pendidikan karakter di TK Al-Hidayah dilakukan melalui proses: a) Perencanaan dengan memasukkan ke delapan belas nilai-nilai karakter ke dalam muatan kurikulum sekolah, RPPM dan RPPH, b) Pelaksanaan pembelajaran yang mencakup dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan terprogram, kegiatan rutin, pembiasaan, spontan, keteladanan, dan c) Penilaian dengan menggunakan observasi, catatan anecdotal, portopolio dan penilaian periodik. 2)Faktor penghambat yaitu dibutuhkan waktu, kesabaran serta ketelatenan dalam penerapan pendidikan karakter, pendanaan terkait pelaksanaan pendidikan karakter, minimnya pendidkan karakter dalam keluarga dan faktor lingkungan dari pesera didik. 3) Cara mengatasi dari faktor penghambatpenerapanpendidikan karakter, TK Al-Hidayah yaitu dengan mengadakan komunikasi dan sharing dengan guru-guru lain serta orang tua dalam mengatasi permasalahan anak.
Deskripsi: Kata Kunci : Prilaku Hormat dan Santun Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2W%2FNGKkN%2BpRgGhUoYykY4D94Bz6LphJLmK093MaB6Me8NtB3LhvzSJABJOo8klp8jq2a%2BC19GMx%2BDM9KZZ2P6ZFXb2RfMR1OmKAc1dsf%2B%2F3UmwRXCljJvzuZ9qXfU49ZppZcohKiv5eFzn8yOMY%2BK4WB2yhBwJHxxc%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273664691_BAB IV (3).pdf 543.7Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya