Efektifitas pembelajaran number head together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips di kelas 3 di SDN 3 kaliwulu kecamatan PLERED kabupaten cireBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektifitas pembelajaran number head together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips di kelas 3 di SDN 3 kaliwulu kecamatan PLERED kabupaten cireBON |
Penulis:
|
SITI MARYAM
|
Abstrak:
|
ABSTRAK SITI MARYAM. NIM. 2014.2.2.00105 EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SDN 3 KALIWULU KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON. Skripsi ini membahas efektifitas model pembelajaran Number Head Together dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III di SD Negeri 3 Kaliwulu tahun pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatar belakangi Metode pembelajaran IPS yang digunakan selama ini kurang melibatkan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran, hasil belajar siswa kelas 3 dalam pembelajaran IPS masih rendah, kondisi pembelajaran IPS masih ditekankan pada aspek pengetahuan dan kurang mengacu pada keterlibatan siswa dalam proses belajar, lemahnya hasil pembelajaran IPS dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektifitas model pembelajaran Number Head Together dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III di SD Negeri 3 Kaliwulu tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang model pembelajaran Number Heard Togehter dan tes untuk mendapatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh siswa kelas III di SD Negeri 3 Kaliwulu tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah subjek sebanyak 40 responden. Data penelitian yang dua variabel yang ada yaitu variabel X (model pembelajaran Number Head Together) dan variabel Y (hasil belajar IPS). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui hasil belajar IPS diambil dari nilai pretest dan posttest kelas III. Setelah melakukan uji instrumen kemudian penelitian tes untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik thitung sebesar 209 > ttabel sebesar 2024 pada taraf signifikan 5% dan db 38 ini berarti signifikan. Sementara itu, perhitungan ketuntasan belajar kelas eksperimen sebesar 75% dan peningkatan skor sebesar 38 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Number Head Together lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III di SDN 3 Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SD Negeri 3 Kaliwulu, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkat hasil belajar IPS secara lebih memadai. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata kunci: Efektifitas model pembelajaran Number Head Together dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2XEG%2BJvkiNwKJWr6tD%2FH7bacDQUXDTno1Ezr37kKkK9n8yeramNyyRL1t5PXw%2FJ1g8dgDOuacx8x%2F%2F%2F%2F%2FlNb0oeBnh0AiKcltfm%2Fhw0Z5Beuq8TOb4xpGf3N8yOr0kKDMfGH3%2BI3HyHZab0%2BMrjf0DchGWYEr3CRiU%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap