Efektivitas metode karya wisata dalam meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok A TK Al Hikmah kelurahan kemantren, kecamatan sumber, kabupaten cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas metode karya wisata dalam meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok A TK Al Hikmah kelurahan kemantren, kecamatan sumber, kabupaten cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektivitas metode karya wisata dalam meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok A TK Al Hikmah kelurahan kemantren, kecamatan sumber, kabupaten cirebon
Penulis: FENTI PERTIWI
Abstrak: -ABSTRAK Fenti Pertiwi NIM: 2014.3.2.00226 “Efektivitas Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A TK Al Hikmah Kelurahan Kemantren Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon”. Penelitian yang dilaksanakan di TK Al Hikmah Kelurahan Kemantren Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa anak dalam pengembangan metode karyawisata, ternyata sebagian dari siswa kelompok A belum sepenuhnya memiliki kemampuan berbahasa yang menyeluruh dalam pengembangan perbendaharaan kata, metode yang kurang bervariatif dalam pengembangan bahasa anak, kurangnya penalaran dalam kegiatan pengembangan berbahasa dikarenakan sebagian guru hanya berpendidikan SLTA dan belum mengenal berbagai metode pengembangan berbahasa, dan anak masih belum bisa mengenal berbagai kegiatan yang berkaitan dengan metode karyawisata. Kondisi di atas, memerlukan upaya untuk mengatasinya. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan mengajarkan kemampuan berbahasa pada anak dengan metode karyawisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) memperoleh data tentang kemampuan berbahasa anak sebelum menggunakan metode karyawisata; 2) Memperoleh data tentang kemampuan berbahasa anak sesudah menggunakan metode karyawisata; dan 3) Memperoleh data efektivitas metode karyawisata dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Tempat penelitian ini dilakukan di TK Al Hikmah Kelurahan Kemantren Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Dari populasi kelompok A yang berjumlah 38 anak yang diambil sebagai sample adalah 15 anak yaitu kelompok A. Dari hipotesis sementara perbedaan sebelum dan sesudah diterapkan metode karyawisata yang akan di uji di BAB IV berikut Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena berdasarkan kepada data angka dan dianalisis melalui rumus uji komparasi sebelum (before) dan sesudah (after) menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode karyawisata terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok A TK Al Hikmah Kelurahan Kemantren Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan metode karyawisata. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan atau thit (84,06) lebih besar daripada ttabel yaitu 23,685 pada taraf signifikansi 5%, dan 29,141 pada taraf signifikansi 1%. Kata kunci: Kemampuan Berbahasa, Metode Karyawisata Anak Usia Dini
Deskripsi: Kata Kunci : - Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2XeL6ecIlpQsdUFBTg0zf9hf5rpvktGR3NTWs0G4D8f7FpD1DiAAyVvtUp3vLClBslmgMQRkUsikaF7R31CtPWFMrwfoJnWEYgdsZYWn0JuqQOAfMd9UGLk6oyefhsJkdl%2FhH7DzHja4FkoZOcyNJ9tSHE634dv9Mg%3D
Tanggal: 2019-05-28


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273650870_8. BAB IV.pdf 332.2Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273651387_1. COVER.pdf 40.12Kb application/pdf Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektivitas metode karya wisata dalam meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok A TK Al Hikmah kelurahan kemantren, kecamatan sumber, kabupaten cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya