UPAYA GURU DTA DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA DAN MENULIS ALQURAN DI DTA INAYATUL BILAD SUMBER KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

UPAYA GURU DTA DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA DAN MENULIS ALQURAN DI DTA INAYATUL BILAD SUMBER KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: UPAYA GURU DTA DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA DAN MENULIS ALQURAN DI DTA INAYATUL BILAD SUMBER KABUPATEN CIREBON
Penulis: SARI'AH
Abstrak: Skripsi ini membahas pengaruh Upaya Guru DTA Dalam Mengatasi Problematika Peserta Didik Dalam Membaca Dan Menulis Alquran Di DTA Inayatul Bilad Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019. Metode Pembelajaran Alquran pada hakekatnya adalah mengajarkan Alquran pada anak yang merupakan suatu proses pengenalan Alquran tahap pertama dengan tujuan agar siswa mengenal huruf sebagai tanda suara atau tanda bunyi. Pengajaran membaca dan menulis di sekolah dasar, karena dalam pengajaran Alquran, anak-anak belajar huruf dan kata-kata yang tidak mereka pahami artinya. Yang paling penting dalam pembelajaran membaca Alquran adalah ketrampilan membaca Alquran dengan baik sesuai dengan kaidah yang disusun dalam ilmu tajwid. (Drajat, 2004:92) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Upaya Guru DTA Dalam Mengatasi Problematika Peserta Didik Dalam Membaca Dan Menulis Alquran Di DTA Inayatul Bilad Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subyek yang diteliti adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, Siswa Kelas IV, Siswa Kelas III, Siswa Kelas II, dan Orang Tua Siswa. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Tehnik Pengolahan Data yang dilakukan dengan mereduksi data, mendisplay data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran Alquran di DTA Inayatul Bilad sudah berjalan 22 tahun semenjak berdirinya sekolah hingga saat ini. Pembelajaran Alquran sepenuhnya diserahkan kepada guru masing-masing kelas dengan metode Iqro, namun tetap mengacu kepada panduan yang telah diterapkan oleh sekolah. Dalam pembelajaran terdapat faktor yang mempengaruhi rendahnya membaca Alquran seperti tidak memiliki bakat menghafal dan faktor orang tua yang sepenuhnya menyerahkan anaknya kepada sekolah untuk menghafal Alquran. Evaluasi diadakan berdasarkan kebutuhan peserta didik yang memiliki masalah berbeda-beda.
Deskripsi: Kata Kunci : Pembelajaran Alquran, Membaca dan Menulis Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2V3%2Fmw%2BW5INwQhLyhuXmPzMbcklY%2FCMIjK%2BGcw%2F%2BNrdJ%2FnUdl8lT%2F4MxEeQENU%2Bd3XCvg%2FhLNPPdv%2B%2FU6GfdglMGh0M18LW7moKAswZJnPBfP%2BUbHNUp5ExK2n0rXv9YrWJA4iGxMSs0ooS7hyOVOHRKYpFmTW4qaI%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273639026_pdf skripsi.pdf 903.5Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273639833_COVER FIX.docx 159.8Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis UPAYA GURU DTA DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA DAN MENULIS ALQURAN DI DTA INAYATUL BILAD SUMBER KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya