Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia Dini Di TK TERPADU AL-HIKMAH Pondok Pesantren Gedongan Desa Ender Kec. Pangenan Kab. Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia Dini Di TK TERPADU AL-HIKMAH Pondok Pesantren Gedongan Desa Ender Kec. Pangenan Kab. Cirebon |
Penulis:
|
KHALIMATUS SA'DIYAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK KHALIMATUS SA’DIYAH, NIM 2014.3.2.00301 “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI ANAK USIA DINI DI TK TERPADU AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN GEDONGAN DESA ENDER KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON.” Menurut Sriningsih pengenalan bentuk geometri anak usia dini dimulai dengan benda-benda konkret. Anak-anak dapat belajar bentuk geometri dari benda-benda yang mereka temukan sehari-hari. Mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini adalah kemampuan anak untuk mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda di sekitar berdasarkan bentuk geometri. Pemahaman konsep bentuk geometri anak Kelompok B di TK Terpadu Al-Hikmah Pondok Pesantren Gedongan Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, dalam hal mengenal warna, bentuk, ukuran dan berfikir tentang objek. Dengan menggunakan media puzzle akan membantu anak dalam memahami bentuk-bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan pengetahuan tentang sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle terhadap peningkatan kemampuan geometri anak usia dini TK Terpadu Al-Hikmah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang mengungkapkan dua variabel dan teknik datanya melalui pre test yaitu sebelum menggunakan media puzzle dan post test yaitu sesudah menggunakan media puzzle. Hasil dari pembahasan penelitian ini adalah hipotesis sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle diterima, dilanjutkan dengan uji z dan uji t. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel, maka nilai thitung = 5,801 > dari nilai ttabel = 2,000. setelah dikonsultasikan pada daftar nilai tabel t dan perhitungan secara manual, dengan demikian secara umum terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan geometri anak usia dini sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle pada siswa di TK Terpadu Al-Hikmah. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Penggunaan Media Puzzle, Kemampuan Geometri Anak Usia Dini
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2UohrAv1%2Fyxpz40NOjV5shtiXftQTs0dnQFZ8q8E0%2FbiFsFFvi7QiiphtPP%2B1ugvdhYMJd1ZL1XRDTcZhRTiQxrs2xwyOQaPrVJoza3SuguU5Yv9J3S2ge0XHS9xudUXi36R97%2BkHvrH9CxZwfrfl%2BgkhViPqInS5s%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap