Efektivitas Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Elajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Viii A Di Mts Salafiyah Kota Cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Elajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Viii A Di Mts Salafiyah Kota Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Drs..KH. Abd. Hayyi Imam,M.Ag
dc.contributor.advisor Drs. SULAIMAN M.M.Pd
dc.contributor.author YULIANA
dc.contributor.editor YULIANA
dc.contributor.other Dr. Asep Mulyana, M.Si
dc.contributor.other Dr. Taufik Ridwan, M.Hum
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:53:26Z
dc.date.available 2022-05-11T12:53:26Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-05-27
dc.identifier 2014.17.01984
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2XUTnO836fSeaa4n0pNufNb%2FKNb6nQSC%2FtPj20Unf1qUjOiOfwJauUbAnHMxBE%2BofQO%2B1s8pozSxoWQ82Pu6Eu%2F2peVK1wfGorg%2FTVjhfF4tzgxng6gsnxRyhLPISYKMweeuKnGySbQg%2ByCmNHG%2FtC1rnC3HT%2BwD8A%3D
dc.description Kata Kunci : Efektivitas , Metode Diskusi , Ketercapaian Belajar Akidah Akhlak Referensi :
dc.description.abstract Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran Akidah Ahlak padahal mata pelajaran Akidah Ahlak sangat berpengaruh besar dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana hasil belajar peserta didik saat menggunakan pembelajaran metode diskusi, dan mendeskripsikan bagaimana perbedaan hasil belajar Akidah Ahlak ketika tidak menggunakan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif , metode eksperimen dan menggunakan analisis inferensial, populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 80 siswa. Terbagi 3 kelas. Sampel diambil dari 1 kelas dari 3 kelas yang ada dengan cara ditunjukan langsung dan dipilih kelas VIII A kelompok sebelum dan sesudah metode diskusi dengan jumlah siswa 18 siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada pengujian hipotesis nol, dilakukan pengujian dengan perhitungan thitung. Dari hasil perhitungan thitung = 3,460 Kemudian ttabel = 1,692 Berdasarkan data tersebut, maka thitung > ttabel yakni 3,460 > 1,692. maka Ho ditolak artinya signifikan, yang artinya ada perbedaan antara variabel X dan Y . dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Akidah Ahlak kelas VIII A yang menggunakan dan tidak menggunakan metode diskusi di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Penerapan metode diskusi diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah, metode diskusi ini, diharapkan siswa akan merubah cara belajar dari belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di MTS Salafiyah Kota Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan hasil belajar secara lebih optimal.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject Efektivitas , Metode Diskusi , Ketercapaian Belajar Akidah Akhlak
dc.title Efektivitas Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Elajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Viii A Di Mts Salafiyah Kota Cirebon
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273606566_SKRIPSI.pdf 2.856Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273608425_W ... 019-06-22 at 23.01.03.jpeg 106.2Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektivitas Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Elajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Viii A Di Mts Salafiyah Kota Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya