Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah Desa Gumulunglebak Kec. Greged Kab. Cirebon

Publikasi Unusia

Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah Desa Gumulunglebak Kec. Greged Kab. Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah Desa Gumulunglebak Kec. Greged Kab. Cirebon
Penulis: MUHAMAD AGUS SIDIQ AG.
Abstrak: ABSTRAK M. AGUS A.G. NIM. 2015.1.18.1.02098. “Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah Desa Gumulunglebak Kec. Greged Kab. Cirebon”. Skripsi ini membahas sistem pembelajaran berbasis pendidikan karakter siswa dalam perspektif Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh berbagai varian pendekatan pembelajaran berbasis karakter yang saat ini cukup menjadi agenda besar, sebagaimana Kurikulum 2013 adalah berbasis Karakter. Pendidikan pendekatan karakter cukup mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa agar bisa memberikan stimulan belajar yang maksimal. Monotonnya cara pendekatan pembelajaran merupakan salah satu penghambat dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam belajar dan menjadikan pembelajaran yang kaku. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan dalam kitab Ta`limul Muta`allim?; 2) Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam perspektif kitabTa`limulMuta`allim?; dan 3) Bagaimana penerapan konsep pendidikan karakter dalam perspektif kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah? Penelitian ini betujuan : 1) Untuk mengetahui konseppendidikan dalam perspektif kitab Ta`limul Muta`allim; 2) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam perspektif kitabTa’limul Muta’allim; dan 3) Untuk mengetahui penerapan konsep pendidikan karakter dalam perspektif kitab Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah Penelitian ini menggunakan pendekatan kaulitatif dan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitiannya adalah: 1) Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaannya; 2) Konsep pendidikan karakter siswa melalui pembelajaran Tali’mul Muta’allim di MTs Al-Maijah Gumulunglebak Greged Cirebon adalah dibentuk dengan mengarahkan siswa untuk selalu bertingkah laku yang baik, baik tata kramanya, sopan santunnya terhadap guru, maupun cara menghargai teman; dan 3) Cara yang digunakan dalam penerapan menuntut ilmu bagi siswa melalui pembelajaran Ta’limul Muta’allim di MTs Al-Maijah Gumulunglebak Greged Cirebon yaitu guru senantiasa memberi arahan bagaimana cara menuntut ilmu yang baik. Guru mengajarkan betapa pentingnya menuntut ilmu bagi seorang siswa. Selalu mengarahkan siswa bahwa menuntut ilmu sangatlah penting bagi dirinya karena untuk menggapai cita-citanya harus dengan menggunakan ilmu.
Deskripsi: Kata Kunci : Pendidikan, Pendidikan Karakter, Ta’limul Muta’allim Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2VQo%2BPgDzOkhqi3J3cj9LqofyP03Hyl%2BxLXm2KMIslYmbxgA9iEJ53ogHcf0sr9xn7YpzOAjIrwzghD9uwbvKpHT9ErN3lKyJHIvBRMd4g9CA6Lc22f8jP7iAAccNhIwg1WwwYuMjowLDa8ycJqkYnRMrMexA0D5fY%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273582287_Skripsi Full.pdf 2.529Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya