KONTRIBUSI KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS KOPERASI PESANTREN KEBON JAMBU AL-ISLAMI CIWARINGIN CIREBON)

Publikasi Unusia

KONTRIBUSI KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS KOPERASI PESANTREN KEBON JAMBU AL-ISLAMI CIWARINGIN CIREBON)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: KONTRIBUSI KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS KOPERASI PESANTREN KEBON JAMBU AL-ISLAMI CIWARINGIN CIREBON)
Penulis: ABDUL AZIS
Abstrak: ABSTRAK ABDUL AZIS. NIM. 2014.1.3.00131 Kontribusi Kewirausahaan dalam Membentuk Karakter Kemandirian Santri (Studi Kasus Koperasi Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Ciwaringin Cirebon) Indonesia sebagai negara mayoritas berpenduduk muslim maka penanaman jiwa wirausaha dan berkarakter mandiri bisa dilakukan melalui pondok pesantren. Hal ini dinilai efektif mengingat jumlah pesantren di Indonesia juga cukup banyak. Maka dari itu, pendidikan di pondok pesantren harus benar-benar diupayakan agar dapat menjadi pagar yang kondusif dalam membangun karakter santri yang mandiri dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan munculnya hambatan di tengah-tengah masyarakat. Menurut Rhenal Kasali (2012) “ wirausaha dapat bertahan karena mandiri, tahan banting, fleksibel dalam bergerak serta efisien karena berbasiskan sumber daya lokal,” Wirausaha yang identik dengan kepemimpinan selaras dengan fitrah manusia sebagai khalifah. Hal ini sesuai dengan Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 30. Penanaman jiwa wirausaha tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran di pendidikan formal, namun sebagian orang beranggapan bahwa jiwa wirausaha tidak bisa dibentuk dan diajarkan di pendidikan formal. Anggapan yang berkembang, jiwa wirausaha itu merupakan turunan dan dibentuk hanya berdasarkan pengalaman. Kini sudah saatnya bangsa Indonesia memikirkan dan mencari terobosan agar jiwa wirausaha bisa ditanamkan sedini mungkin sehingga semakin banyak wirausahawan yang tercipta serta bisa membentuk masyarakat yang memiliki jiwa berkarakter mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang kontribusi kewirausahaan dalam membentuk karakter kemandirian santri di koperasi BUMP pondok pesantren kebon jambu al-islami Ciwaringin dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah pengasuh pondok, pengurus koperasi, santri dan alumni pondok pesantren kebon jambu al-islami Ciwaringin Cirebon. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kontribusi kewirausahaan yang diterapkan oleh koperasi BUMP kebon jambu al-islami ciwaringin Cirebon menggunakan sistem tradisional dan kekeluargaan. Karakter yang dapat terbentuk dengan adanya koperasi pesantren BUMP adalah membentuk santri yang mandiri dan tidak ketergantungan kepada orang tua ataupun orang lain. Hambatan yang dihadapi koperasi pesantren BUMP adalah banyaknya perbedaan karakter yang berbeda-beda. Cara mengatasi hambatan tersebut pihak koperasi BUMP melakukan pemberian tanggung jawab supaya santri secara otomatis terbentuk karakternya. Kata Kunci : Wirausaha, Koperasi, Pondok Pesantren, Karakter, Kemandirian
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Wirausaha, Koperasi, Pondok Pesantren, Karakter, Kemandirian Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2U4jng8fTS8FKrVuGQEy6afJOKfVIWex9IbH05DZBH1n4fEOqviBUtedFSWeayTxt9FIWSRmuwJ2SqWZcuTkxiBjD0Zos5u1HG31rnBmkUgWUTTLnVL4yPlHI93VQFFvSDt2zLaPA9CDLK9SZ7w465gvl5PWhtuP%2BY%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273579476_SKRIPSI JOSS BAB 1-5.pdf 703.3Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273581400_Cover Skripsi azis.docx 32.03Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis KONTRIBUSI KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI KASUS KOPERASI PESANTREN KEBON JAMBU AL-ISLAMI CIWARINGIN CIREBON)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya