Hubungan Latar Belakang Tingkat Religiusitas Dengan Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kcp Kuningan)

Publikasi Unusia

Hubungan Latar Belakang Tingkat Religiusitas Dengan Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kcp Kuningan)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Hubungan Latar Belakang Tingkat Religiusitas Dengan Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kcp Kuningan)
Penulis: TIA RAHMAWATI
Abstrak: ABSTRAK Tia Rahmawati, NIM: 2015.2.4.1.00400 berjudul Hubungan Latar Belakang Tingkat Religiusitas Dengan Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kcp Kuningan) Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keberadaan perbankan syariah yang sudah lebih dari 24 tahun di Indonesia tetapi market share masih relatif kecil di banding bank konvensional, sedangkan masyarakat Indonesia mayoritas adalah muslim. Bank Syariah merupakan bank yang menerapkan nilai-nilai Islam dalam menjalankan kegiatan ekonominya seperti menjauhkan diri dari adanya unsur riba, memberikan pembiayaan untuk hal yang halal, dan menumbuh kembangkan zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar tingkat religiusitas nasabah Bank Syariah, untuk mengetahui tingkat keputusan dalam memilih Bank Syariah dan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara latar belakang tingkat religiusitas dengan keputusan menjadi nasabah Bank Syariah. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Kuantitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis korelasional dan analisis regresi. Penelitian dilaksanakan di Bank Muamalat Indonesia KCP Kuningan Jln. Siliwangi No.124 Kuningan, Jawa Barat. Penelitian dilaksanakan terhitung dari mulai bulan Oktober 2018 sampai bulan Desember 2018. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 91 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiusitas nasabah Bank Syariah dalam katagori baik dengan presentasi 85,57%, tingkat keputusan dalam memilih Bank Syariah berkategori baik dengan presentasi 80,71 %, dan hasil uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara latar belakang tingkat religiusitas dengan keputusan menjadi nasabah Bank Syariah dengan koefisien korelasi sebesar 0,339. Perbankan syariah dapat bekerja sama dengan berbagai lembaga keagamaan di wilayah Kabupaten Kuningan seperti MUI untuk melakukan sosialisasi tentang maslahat yang terdapat pada perbankan syariah. Selain itu, masyarakat dan nasabah diharapkan dapat membumikan ekonomi syariah salah satunya dengan memilih untuk menjadi nasabah pada perbankan syariah.
Deskripsi: Kata Kunci : Tingkat Religiusitas, Bank Syariah Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2UtEcNdE6HKIPlR2q5vgcNvc7HdleNVIEbZpzheS%2FpGZMxGq%2B5WJiWF77b69h%2BmMOmQu%2FTtxDX19DHR19eicx7Csq19RmTVBw49b85zyb4bzJkyttmaME1pVikh583IXiFhSyBpEz0sAJOJmsb7R27G64Q0QMUndWc%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273562913_4. Isi Skripsi br(1).pdf 1.207Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273563750_2. Halaman Depan.docx 54.90Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Hubungan Latar Belakang Tingkat Religiusitas Dengan Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Kcp Kuningan)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya