Analisis Pelayanan Hotel Syariah Wilayah Cirebon (Studi Kasus Hotel Mira Syariah)

Publikasi Unusia

Analisis Pelayanan Hotel Syariah Wilayah Cirebon (Studi Kasus Hotel Mira Syariah)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Analisis Pelayanan Hotel Syariah Wilayah Cirebon (Studi Kasus Hotel Mira Syariah)
Penulis: LINDA ELISA
Abstrak: LINDA ELISA. NIM. 2015.2.4.1.00341. ANALISIS PELAYANAN HOTEL SYARIAH WILAYAH CIREBON (STUDI KASUS HOTEL MIRA SYARIAH) Skripsi ini membahas Analisis Pelayanan Hotel Syariah Wilayah Cirebon pada Hotel Mira Syariah Cirebon. Hotel syariah merupakan hotel yang menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan, dan minum, serta jasa lainnya bagi umum, dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan pemerintah, indusrti, dan syariah. Keberadaaanya menjadi jaminan akan tempat menginap yang aman dari hal-hal negatif, ramah dalam suasana religius. Maka demi menunjang tujuan tersebut, peran peran pemerintah sangat diperlukan dalam memperkuat keberadaan hotel yang berbasis syariah, serta memberikan kepastian hukum akan keberlangsungannya. Hotel syariah dalam praktiknya harus menyesuaikan kegiatan bisnisnya dengan prinsip hukum Islam yang sudah di atur oleh regulator. Penelitian ini untuk mengetahui pelayanan Hotel Mira Syariah Kota Cirebon dalam memberikan pelayanan yang berbasis syariah. Dalam penelitian ini metode penulis yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan ada yang bersifat teoritik dan empirik, data teoritik data-data yang berasal dari data buku-buku panduan yang ada kaitannya dengan judul skripsi ini, perpustakaan, media cetak dan media elektronik. Sampel penelitian diambil dari dua informan. Setelah data terkumpul dilakukan tahap analisis data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan instrumen penelitian untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa Hotel Mira Syariah dalam memberikan pelayanan yang berbasis syariah sudah sesuai dengan syariat Islam, karena pelayanan yang diberikan kepada para tamu adalah pelayanan prima dengan memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada tamu untuk meningkatkan mutu pelayanan terbaik, serta tidak membeda-bedakan tamu yang datang. Pihak Hotel Mira Syariah memberikan peraturan bagi calon tamu yang akan menginap dengan menyeleksi tamu yang berpasangan, yaitu harus sudah menikah dan dibuktikan dengan identitas keduanya serta buku nikah., fasilitas hotel yang sesuai standar untuk memberikan kenyamanan para tamu, serta terdapat musholah umum di dalam hotel. Pihak Hotel Mira Syariah menyediakan hidangan makanan dan minuman yang halal dan tidak meyediakan makanan dan minuman yang diharamkan agama Islam.
Deskripsi: Kata Kunci : Pelayanan, hotel, syariah Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2VgdYweWozK644cMcefESJVq%2FLl%2FY4Af%2F0%2BubhHHXelTBBKs6KREF5SQ%2BH7gmaAup9lLIJVnZXDWDPhBBBgT7hln8fYLxFNNCIdBpv8S2%2Fr265a7ZVc8HdwG7XxtNnmK%2Bk8myjHnCRlOZQoFcFLgv3A8BHBig1Llmg%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273557267_SKRIPSI ECAMPUS.pdf 595.8Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273557877_COVER SKRIPSI.docx 136.5Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Analisis Pelayanan Hotel Syariah Wilayah Cirebon (Studi Kasus Hotel Mira Syariah)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya