STRATEGI PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL (STUDI KASUS KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON)

Publikasi Unusia

STRATEGI PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL (STUDI KASUS KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: STRATEGI PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL (STUDI KASUS KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON)
Penulis: UMI CAHYATI
Abstrak: UMI CAHYATI, NIM. 201524100406 STRATEGI PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL (Studi KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera, Cirebon) Skripsi ini membahas tentang strategi pembiayaan akad murabahah dalam meningkatkan usaha kecil di KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera Cirebon. Merupakan suatu kegiatan yang direncanakan serta dilaksanakan dengan serius guna mencapai tujuan seperti kegiatan pembiayaan akad murabahah yang dimana calon nasabah mengetahui proses awal pengajuan sampai berakhirnya perjanjian yang tertulis dari kedua belah pihak dan dimana calon nasabah melengkapi persyaratan pengajuan seperti fotokopi KTP, KK, BPKB dan lain-lain yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengelolaan pembiayaan akad murabahah, strategi pembiayaan akad murabahah, serta faktor apa saja yang menjadi hambatan dan penyelesaiannya dalam melaksanakan dan meningkatkan usaha kecil di KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera Cirebon. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data, menyusun, dan mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara secara mendalam dengan narasumber. Dengan demikian metode ini berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta tentang strategi pembiayaan akad murabahah dalam meningkatkan usaha kecil di KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa strategi pembiayaan akad murabahah yang di lakukan KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera Cirebon yaitu menawarkan pinjaman sesuai kemampuan nasabah masing-masing serta margin yang diberikan kepada nasabah sangat kecil sehingga dipastikan pembiayaan murabahah jauh dari riba dan diberikan waktu yang fleksibel. Pelaksanaan yang dilakukan KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera Cirebon sudah baik, pelayanan yang profesional, produk yang ditawarkan sangat baik serta margin yang ditawarkan sangat kecil, lokasi yang cukup strategis, sistem pembayaran yang cukup baik. Kendala yang dapat diselesaikan dengan baik dan mencari yang solusi yang terbaik.
Deskripsi: Kata Kunci : strategi, pembiayaan, akad murabahah Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2WWCyqUn4YilGUZzL2nYnJClOgib5PPGQPd1wfgpfUPFobuZ5iwpZhAvXpTDPnixA2%2Foux3wJ7WQWsLtmhPVpttTI1daGbZsdmOt3gD6DM0PWO%2B582yJgF%2FJ02qA0F2Co57SlacbUry%2F6zMRA8JaVImpweBqzlUhag%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273554959_skripsi umi fix 1(2).pdf 1.882Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273556347_cover.docx 160.4Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis STRATEGI PEMBIAYAAN AKAD MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL (STUDI KASUS KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya