PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS III MI AL-IKHLAS SETUPATOK MUNDU CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS III MI AL-IKHLAS SETUPATOK MUNDU CIREBON |
Penulis:
|
SUMINI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK SUMINI. NIM. 2015.3.3.1.00206: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MI AL-IKHLAS SETUPATOK KEC. MUNDU KAB. CIREBON Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu kurangnya interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan guru kurang memberikan inovasi yang menarik dalam proses belajar-mengajar untuk meningkatkan variasi pembelajaran khususnya dalam model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurangnya interaksi sosial siswa. Oleh sebab itu penelitian ini diharapkan dapat menjadikan kelas lebih hidup, keterlibatan siswa dalam belajar dan interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Teams games tournament adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcemen. Model pembelajaran ini mempunyai kemampuan interaksi sosial siswa yang lebih baik karena siswa terlibat langsung dalam aktivitas pembelajaran. Dalam proses belajar-mengajar IPS untuk tujuan interaksi sosial siswa, model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament memiliki kemampuan siswa lebih aktif dan kelas menjadi lebih hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi yang digunakan yaitu kelas III MI Al-Ikhlas Setupatok Mundu Cirebon yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik penelitian populasi merupakan tehnik yang digunakan bila subjeknya kurang dari 100. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data sttistik yakni uji korelasi Pearson Prodect Moment (PPM). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS di MI Al-Ikhlas Setupatok Mundu Cirebon diperoleh 85% dari hasil rekapitulasi angket artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament termasuk dalam kategori baik. 2) Interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS di MI Al-Ikhlas Setupatok Mundu Cirebon diperoleh 80% dari hasil rekapitulasi hasil angket artinya interaksi sosial siswa termasuk kategori baik. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS di MI Al-Ikhlas Setupatok Mundu Cirebon yang ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi sebesar 0,32% dengan tingkat hubungan rendah dan uji hipotesis diperoleh harga sebesar 2,2500, sedangkan pada taraf signifikan 0,05% sebesar 1,714, ternyata (2,2500) e (1,714) sehingga dengan demikian tolak Ho dan Ha diterima. Kata kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamet dan Interaksi Sosial Siswa |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Interaksi Sosial Siswa
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2X66cSevi9O2gB4KaizHFsb53mnRfsq06%2B3j4D5C1NEos64EVrvciRzKnAziv1VSxl2j00HhLYR4q001tCcjAzGD6uFdXE0gIP%2BgHZg4TwrSReD4XkB%2F4RZgWthV2zEiyXpyMw4JFdoIvN3Rv6Vz6eZCxdllIC%2F1Fs%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap